Teropong Bisnis | Homepage
Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Meminjam Uang ke Bank

Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Meminjam Uang ke Bank

0 Comments 🕔04.Jun 2013

Terkadang memang tidak ada salahnya kita meminjam uang ke bank. Ketika kita membutuhkan uang tambahan untuk modal usaha atau membeli rumah, meminjam uang di bank memang bisa menjadi alternatif solusi yang menjanjikan kemudahan. Meminjam uang ke bank boleh-boleh saja, asalkan Anda harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi pantangan Anda selama Anda meminjam uang.

Seperti yang kita tahu, meminjam uang sama saja dengan berhutang. Berhutang bukan cara yang baik untuk menjadi kaya. Karenanya, simak berbagai larangan berikut ini yang tidak boleh Anda lakukan saat meminjam uang di bank.

1.  Meminjam Uang Melebihi Kebutuhan

Terkadang, jika Anda berniat meminjam uang di bank, Anda akan merasa, ini adalah kesempatan Anda untuk mendapatkan uang yang lebih dari jumlah yang Anda butuhkan. Sebisa mungkin, hindari peminjaman yang melebihi kebutuhan. Ini hanya akan membuat beban pembayaran Anda semakin berat. Karenanya, sebelum meminjam ke bank, Anda sebaiknya membuat rencana anggaran sederhana untuk memastikan berapa nominal angka yang benar-benar Anda butuhkan. Akan lebih baik lagi jika Anda meminjam sejumlah uang yang pas sesuai dengan anggaran sehingga Anda tidak tergiur menghabiskannya untuk hal yang lain.

2.  Meminjam Lagi Sebelum Melunasi Pinjaman Sebelumnya

Hal ini terkadang menjadi penyebab utama orang kesulitan untuk mengembalikan hutang ke bank dan terjerat hutang yang besar. Sebisa mungkin, Anda sebaiknya menghindari meminjam uang ke bank terus menerus. Memang mendapatkan uang dengan metode ini sangat cepat dan mudah. Namun, Anda perlu tahu bahwa bank juga menerapkan ketentuan tertentu selama Anda meminjam di bank mereka. Karenanya, jangan pernah meminjam uang lagi sebelum hutang Anda yang sebelumnya lunas. Anda tentu saja tidak ingin penghasilan Anda habis setiap bulannya hanya untuk membayar hutang. Gunakan uang pinjaman untuk kebutuhan mendesak saja, dan jangan menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

3.  Cicilan Pembayaran Lebih dari 1/3 Penghasilan

Beberapa bank memiliki kebijakan untuk mensyaratkan cicilan hutang tidak boleh melebihi sepertiga dari total penghasilan Anda. Hal ini karena pihak bank tidak ingin Anda kesulitan untuk membayar hutang. Karenanya, Anda sebaiknya menyesuaikan porsi cicilan hutang sebesar sepertiga dari total penghasilan Anda.

4.  Mudah Tergiur dengan Prosedur Bank yang Sangat Mudah

Salah satu sifat alami manusia adalah mudah tergiur. Bagi Anda yang mudah tergiur dengan rayuan bank, sebisa mungkin kendalikan nafsu Anda. Sebelum meminjam uang, perhatikan dulu besaran bunga banknya. Jika mungkin, cari bank yang menawarkan bunga rendah dengan jangka waktu angsuran yang relatif pendek.

5.  Sifat Berlebihan

Ketika mengisi form jumlah peminjaman, pastikan Anda tidak khilaf dan tidak mengisinya dengan nominal yang berbeda dengan yang Anda rencanakan sebelumnya. Selain itu, jangan pernah memberi data palsu karena bank akan mampu mengecek kebenaran dari data yang Anda masukkan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *