Teropong Bisnis | Homepage
Ubah Setting Sedikit, Pengalaman Pelanggan Memuaskan, Anda Mendapat Pelanggan Setia

Ubah Setting Sedikit, Pengalaman Pelanggan Memuaskan, Anda Mendapat Pelanggan Setia

0 Comments 🕔22.Jun 2014

Pengalaman pelanggan saat menggunakan layanan bisnis Anda, memegang peranan penting dalam kesuksesan Anda. Bila mereka mengalami hal yang tidak menyenangkan, maka, mereka pasti akan pergi dan menggunakan bisnis lainnya. Di lain sisi, bila Anda mampu memberikan pengalaman terbaik, mereka pasti akan kembali membeli dari Anda. Bahkan, bila situasi yang terjadi sangat tidak menyenangkan untuk pelanggan.

Contohnya adalah saat membeli produk dari toko online Anda. Sayangnya, setelah Anda menjanjikan produk tersebut akan terkirim dalam waktu 3 hari, pelanggan tidak mendapatkannya. Mereka kemudian menghubungi layanan konsumen Anda. Petugas layanan konsumen Anda pun menjanjikan produk tersebut akan pelanggan terima pada keesokan harinya.

Setelah itu, pelanggan tersebut tetap tidak mendapatkan produk yang mereka pesan pada keesokan harinya. Mereka lalu menghubungi kembali layanan konsumen Anda. Ternyata, mereka berbicara dengan orang yang berbeda, yang tidak mengetahui pembicaraan pelanggan sebelumnya dan menjanjikan hal yang sama. Tentunya hal ini memberikan pengalaman tidak menyenangkan untuk pelanggan.

Lain halnya dengan kasus yang kedua. Masalah yang terjadi sama, pelanggan menghubungi layanan konsumen untuk mengkonfirmasi keterlambatan pengiriman. Petugas Anda pun menyampaikan bahwa ada gangguan pada proses pengiriman dan menjanjikan waktu produk tersebut diterima pelanggan.

Setelah itu, petugas layanan konsumen Anda juga memeriksa data pembelian pelanggan. Apakah mereka pernah mengalami masalah yang sama atau tidak? Setelah diterima, petugas mengkonfirmasi hal ini dan meminta maaf atas masalah yang terjadi.

Pada kasus yang kedua, pelanggan memang berada di posisi yang sama dan tidak menyenangkan. Namun, pengalaman pelanggan saat menggunakan layanan bisnis Anda lebih baik. Mereka merasa puas dan tentunya tidak khawatir menggunakan layanan Anda kembali.

Dari kedua contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa cara Anda menghadapi pelanggan memegang peranan penting disini. Cara yang kedua akan memberikan hasil terbaik dan kepuasan untuk pelanggan. Hasilnya, Anda dapat mengubah pelanggan yang rewel menjadi pelanggan yang setia. Jadi, perlu diperhatikan hubungan dan interaksi antara Anda selaku pemilik bisnis dan pelanggan.

Sayangnya, masalah ini terjadi karena kurangnya kordinasi antara fasilitas yang disediakan pemilik bisnis. Memang, pelanggan dapat mengakses bisnis Anda dari berbagai media, seperti website, media sosial, toko, kios dan lainnya. Namun, karena tidak ada hubungan baik antara media ini, menjadikan layanan yang diberikan tidak maksimal. Hal ini membuat pelanggan tidak nyaman.

Anda mungkin harus berpegang pada peribahasa, pelanggan adalah raja. Mereka tidak akan peduli dengan apapun yang ada di perusahaan Anda. Entah itu petugas yang berbeda-beda di layanan konsumen dan lainnya. Yang mereka inginkan hanyalah pelayanan terbaik yang dapat memuaskan mereka.

Bila Anda mampu memberikan apa yang mereka butuhkan dan pengalaman pelanggan terbaik, hasilnya akan baik pula. Bisnis Anda berjalan lancar, Anda mendapatkan pelanggan setia dan perusahaan Anda dapat berkembang.

pelanggan, customer, wirausaha, pelayanan prima, pelayanan

BACA JUGA:

Kebiasaan yang Menjadikan Anda Pebisnis Sukses

Langkah Mudah Membangun Bisnis Pusat Kewirausahaan

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *