Teropong Bisnis | Homepage
Trik Ketahui Trend Bisnis di Indonesia

Trik Ketahui Trend Bisnis di Indonesia

0 Comments 🕔22.Apr 2013

Baru-baru ini banyak masyarakat kita yang tertarik dengan pelaksanaan bisnis meskipun ada sebagian dari mereka bukanlah pebisnis profesional. Hal ini dipengaruhi oleh adanya trend bisnis yang sedang popular di negara kita. Sehubungan dengan krisis global yang tengah terjadi, banyak riset tentang perekonomian Indonesia  yang menunjukkan sesuatu yang sangat mengejutkan tentang negara kita.

Trend bisnis yang sedang menjamur di Indonesia dikatakan sebagai isu yang dibahas di beberapa penelitian di atas. Dalam merintis dan menjalankan sebuah bisnis, kita perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti bagaimana kita mengetahui bisnis yang sedang kita jalankan memiliki potensi dan masa depan yang bagus atau tidak. Apakah bisnis kita akan tumbuh lambat atau cepat kita tentunya tidak tahu masa depan bisnis kita jika tidak rancangkan jauh-jauh hari.

Sirkulasi Bisnis dan Penciptaan Penawaran

Sukses atau tidak suskesnya sebuah bisnis sangat ditentukan oleh empat hal. Hal yang pertama yaitu sirkulasi bisnis yang sedang kita jalankan. Kemudian hal yang kedua yaitu skill dan kemampuan kita sebagai pemilik untuk menciptakan penawaran yang menarik melalui perkenalan dan promosi produk. Jika kita mampu memperkenalkan serta mempromosikan produk yang kita hasilkan dengan sempurna, maka akan ada banyak konsumen yang tertarik dengan produk kita kemudian para konsumen mulai akan membeli dan mamanfaatkan produk yang sudah kita promosikan.

Dengan siklus ini, permintaan konsumen akan produk ciptaan kita akan meningkat secara otomatis. Jika permitaan sudah cukup banyak, hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah menjaga image serta reputasi produk dengan cara meningkatkan kualitas produk yang kita hasilkan.

Daya Beli Masyarakat dan Eksistensi Pesaing

Masih ada dua hal lagi yang perlu kita lakukan untuk mengetahui bagus atau tidaknya sebuah bisnis yang tengah kita jalankan, yaitu kemampuan masyarakat dalam hal kemampuan daya beli masyarakat dan banyaknya jumlah pesaing serta kemapuan si pesaing dalam menciptakan penawaran. Daya beli masyarakat ternyata cukup mempengaruhi baik tidaknya perkembangan bisnis kita. Situasi masyarakat yang berdaya beli rendah tentu saja akan mempengaruhi income power bisnis kita. Tidak ada income yang masuk akibat sedikitnya konsumen yang membeli produk kita. Sebaliknya, jika daya beli masyarakat tinggi, kita hanya perlu tingkatkan branding produk kita saja.

Faktor pesaing juga sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis kita. Semakin banyak pesaing bisnis, maka kita akan semakin sulit untuk mengembangkan bisnis kita kecuali jika branding dan promosi kita lebih baik daripada para pesaing kita. Satu-satunya trik agar bisnis kita lebih diminati oleh para konsumen, sebaiknya kita lakukan variasi produk, peningkatan pelayanan, dan penetapan harga produk yang lebih bersahabat dan ekonomis. Dengan mempertimbangkan trik-trik ini, kita dapat dipastikan bisa menjadi pembisnis dengan bisnis yang sukses dan jauh berkembang.

Gambar: prosmartkita.com

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *