Teropong Bisnis | Homepage
Tips Wirausahawan Muda

Tips Wirausahawan Muda

0 Comments 🕔16.Oct 2013

Bagi Anda yang memiliki hasrat berwirausaha maka mulailah sejak muda. Sebagai seorang wirausahawan muda, Anda diharuskan untuk terus belajar serta memahami bahwa kegiatan ini penuh dengan risiko. Mantapkan terlebih dahulu ide usaha Anda. Kemudian, lakukan perhitungan yang mantap sebelum akhirnya melakoni bisnis tersebut. Jika terjadi kegagalan segera bangkit dan mulai kembali.

Kebanyakkan, pemuda masih memiliki jiwa yang dinamis, penuh semangat, bertenaga, kreatif, dan mudah menyesuaikan diri. Lalu, mengapa wirausaha harus dilakukan sejak usia muda? Ada berbagai alasan untuk memulai wirausaha di usia muda. Alasan pertama adalah pemuda masih memiliki fisik yang prima dibandingkan mereka yang sudah tua.

Pemuda lebih tertantang untuk terus belajar dan mencoba lagi untuk menimba pengalaman berwirausaha. Alasan yang kedua adalah karena pemuda lebih idealis dan jujur. Pemuda masih minim pengalam sehingga masih belum terkontaminasi dengan trik dagang yang tidak jujur.Selain itu, pemuda cenderung lebih idealis untuk sukses seperti aktif di jejaring sosial atau kompetisi entrepreunership.

Alasan ketiga terkait dengan tanggung jawab yang masih ringan. Sebagai seorang wirausahawan muda, Anda masih belum memiliki tekanan untuk membiayai istri dan anak. Dengan begitu Anda masih bisa fokus untuk wirausaha dan berkembang. Karena tidak terlalu banyak tekanan maka Anda masih memiliki energi dan semangat juang yang tinggi untuk sukses di dunia wirausaha ini.

Namun, yang membedakan Anda dan mereka yang memulai usaha di usia tua adalah koneksi, pengalaman serta modal. Lebih jauh lagi, Anda akan cenderung memiliki pikiran positif serta menyukai kebebasan. Sebagai seorang pemuda, Anda masih memiliki hasrat untuk terus mencoba sesuatu yang baru tanpa jadwal tertentu yang mengekang. Karena jadwal yang mengekang ini juga yang membuat pemuda hengkang dari tempatnya bekerja kemudian menyakinkan diri untuk wirausaha.

Hal lain yang membuat Anda harus berwirausaha sejak muda adalah karena kebanggaan. Memang, pada awal menjalankan bisnis, Andatidak akan menghasilkan keuntungan yang tinggi. Namun, menghasilkan uang berapapun itu dari keringat sendiri merupakan suatu kebanggaan bagi Anda pemilik bisnis. Tentunya, Anda akan semakin bangga jika bisnis yang Anda kelola tersebut semakin sukses dan berkembang.

Perlu diingat bahwa gelar yang tinggi bukanlah penentu kesuksesan seseorang yang bergelut dalam dunia wirausaha. Di sisi lain, kepintaran Anda dalam berpikir untuk menggerakkan bisnis yang Anda jalankan sekarang menjadi penentunya. Memotivasi diri sendiri adalah sesuatu yang penting untuk mencapai tujuan dan impian Anda karena jalan untuk mencapainya tidaklah mudah.

Jika Anda sampai gagal dan berhenti maka sia-sia perjuangan Anda selama ini. Teruslah mencoba selama umur Anda masih muda agar kelak Anda bisa menikmati hasil dari keringat dan kerja keras Anda. Selamat berjuang menjadi wirausahawan muda!

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *