Teropong Bisnis | Homepage
Tips Tidak Khilaf Menggunakan Kartu Kredit

Tips Tidak Khilaf Menggunakan Kartu Kredit

0 Comments 🕔11.Apr 2013

Fungsi dan Peran Utama Sebuah Kartu Kredit

Di zaman serba modern ini, alat pembayaran tidak hanya sebatas pada uang cash saja. Selain menggunakan uang cash, kini kita juga dimudahkan dengan sistem pembayaran yang praktis, cepat dan efektif yaitu dengan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit merupakan salah satu produk perbankan yang berupa kartu yang digunakan sebagai media bagi para nasabahnya untuk keperluan transaksi.

Salah satu fungsi dari sebuah kartu kredit adalah dapat digunakan sebagai alat pembayaran non-tunai. Hanya dengan menggosokkan bagian kartu kredit pada bagian barcode-nya, transaksi pun selesai dilakukan. Jadi kita tidak perlu menggunakan uang cash dalam jumlah besar ketika kita berencana belanja keperluan yang kita butuhkan. Cukup berikan kartu kredit kita pada petugas toko yang menyediakan layanan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, maka transaksi pun selesai dilakukan. Saldo yang ada di rekening kita akan berkurang sesuai dengan sejumlah pengeluaran belanja kita.

Tips Bijak Gunakan Kartu Kredit

Namun terkadang kemudahan bertransaksi seperti berbelanja membuat kita tidak mampu mengontrol diri untuk tidak berbelanja. Sebenarnya kartu kredit bisa diistilahkan seperti pisau bermata dua. Jika kita gunakan secara bijak, kartu kredit akan banyak manfaatnya. Sebaliknya jika kita tidak menggunakannya secara hati-hati dan tidak terkontrol, bisa jadi akan sangat merugikan kita. Kemungkinan besar akan menimbulkan masalah keuangan yang cukup serius bagi si pemiliknya. Lantas, bagaimana caranya agar kita bijak dalam menggunakan kartu kredit? Berikut adalah tipsnya.

  • Hindari hanya melalukan pembayaran minimumnya saja

Bagi Anda pemilik kartu kredit, sebaiknya Anda jangan hanya membayar angka minimumnya saja. Ada baiknya jika Anda membayar cicilan kredit dalam jumlah yang besar dari pembayaran minimumnya agar beban bunga kredit Anda jauh lebih ringan. Dengan cara demikian, beban hutang Anda akan kecil dan pastinya tidak akan membebani Anda.

  • Manfaatkan Grace Period

Gunakan kartu kredit Anda sebagai alat pembayaran non-tunai. Hindari penggunaan kartu kredit sebagai alat untuk berhutang. Idealnya, tagihan kartu kredit dibayarkan setiap bulan setelah digunakan untuk bertransaksi.

  • Cukup gunakan satu kartu kredit saja

Untuk menekan pengeluaran belanja Anda, sebaiknya cukup gunakan satu kartu kredit saja. Cara ini juga bisa Anda gunakan sebagai alat pengontrol belanja Anda. Anda diperbolehkan menggunakan lebih dari satu kredit untuk kepentingan bisnis Anda. Akan tetapi jika hanya digunakan untuk kepentingan belanja keperluan saja, cukup satu kartu kredit saja yang Anda pakai.

  • Tinggalkan kartu kredit lainnya di rumah

Simpan beberapa kartu kredit di rumah Anda, dan cukup simpan satu kartu kredit anda di dompet Anda untuk digunakan. Cara ini juga cukup efektif untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak. Beberapa tips ini bisa Anda praktikan agar anda mampu mengontrol pengeluaran Anda. Selamat mencoba.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *