Teropong Bisnis | Homepage
Tips Meraih Sukses Berniaga dengan Banyaknya Variasi

Tips Meraih Sukses Berniaga dengan Banyaknya Variasi

0 Comments 🕔25.May 2014

Orang-orang cenderung lebih ingin membeli produk jelly bean jika Anda menawarkan jelly bean dengan warna yang lebih banyak. Bahkan produk Anda bisa menarik lebih banyak lagi pembeli jika anda berhasil membuat produk dengan berbagai macam warna dan rasa yang berbeda-beda. Inti dari fenomena itu adalah ketika Anda memberikan banyak pilihan kepada para calon konsumen, akan lebih banyak konsumen yang membeli produk Anda.

Hal ini dibuktikan dengan 50 penelitian yang partisipannya terdiri dari 5.000 orang konsumen oleh para peneliti di Universitas Basel, Basel, Swiss; Universitas Mannheim, Baden-Württemberg, Jerman; dan Universitas Indiana, Indiana, Amerika. Sederhananya variasi membuat penjualan Anda meningkat pesat.

Ada dua kemungkinan di mana Anda bisa melakukan penambahan variasi produk untuk meningkatkan penjualan. Yang pertama adalah ketika suatu produk Anda sukses dan banyak yang membeli. Pada kondisi ini Anda bisa menambah produk dari jenis yang ramai terjual, misalnya ketika Anda mengalami peningkatan penjualan produk sepatu, maka Anda bisa menjual sepatu dari lebih banyak brand. Sementara itu, ketika produk Anda kurang laku di pasaran, Anda bisa memperluas lini produk Anda agar pembeli kembali membeli dari toko Anda.

Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa memperbanyak variasi tidaklah cukup. Anda harus melakukan beberapa strategi agar konsumen membeli lebih banyak produk. Berikut tipsnya.

sukses berniaga, berniaga, varian produk, ide bisnis, bisnis sampingan

Positioning

Positioning adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan citra produk yang unik sehingga konsumen mengingat banyaknya produk Anda. Anda harus membuat produk yang unik tetapi mudah digunakan oleh pembeli, produk yang mudah digunakan akan memiliki lebih banyak pengguna. Sementara melakukan itu, Anda harus gencar menginvasi pasar dengan promosi yang kreatif agar bran awareness masyarakat meningkat. Buat produk yang benar-benar dibutuhkan pasar, karena jika Anda fleksibel dan mengikuti keinginan pasar, perhatian pasar akan tertuju pada Anda.

Diferensiasi

Diferensiasi adalah upaya yang dilakukan untuk membedakan diri dari pihak atau produk lain. Sembari melakukan positioning, Anda wajib menggunakan strategi ini. Buatlah produk yang nyeleneh dan tidak biasa agar pasar berbelok ke perusahaan Anda. Hal itu juga harus di dukung dengan kualitas produk dan pelayanan yang baik karena anda membutuhkan pembeli untuk melakukan repurchase. Sesuai dengan fakta di awal tadi, adanya variasi membuat pembeli cenderung ingin membeli, strategi ini bisa meningkatkan penjualan. Diferensiasi bisa digunakan dalam hal produk, jasa, harga, pelayanan, dan citra perusahaan.

Para ilmuwan di Universitas Stanford, California, Amerika dan Universitas Columbia, NY, Amerika, menyatakan bahwa banyaknya pilihan akan memberi banyak alasan untuk konsumen yang akan membeli barang kita. Dengan menggabungkan alasan yang muncul karena banyaknya variasi produk Anda dan strategi positioning serta diferensiasi, Anda akan membuat pembeli yakin untuk membeli produk Anda lagi dan lagi.

sukses berniaga, berniaga, varian produk, ide bisnis, bisnis sampingan

BACA JUGA:

5 Jurus Melihat dan Menemukan Peluang Usaha Terbaik

Maksimalkan Keuntungan dengan Menemukan Pelanggan Yang Baik

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *