Teropong Bisnis | Homepage
Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan

Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan

0 Comments 🕔18.Apr 2013

Pelanggan adalah aset yang sangat berharga. Dari merekalah suatu perusahaan dapat mencapai kesuksesan. Angka penjualan suatu pelanggan dapat meningkat tajam itu semua juga berkat bantuan dari para pelanggan. Di sisi lain pelanggan juga dapat menjadi staf marketing yang sangat dipercaya oleh orang-orang dekatnya. Karena itulah teknik marketing yang paling efektif memang teknik yang menerapkan teknik getok tular atau marketing yang disebarkan dari mulut ke mulut. Namun untuk mencapai hal tersebut tentunya pengusaha juga harus mampu menjaga loyalitas pelanggan.

Upaya untuk menjaga loyalitas pelanggan memang tidak mudah. Akan tetapi hal tersebut dapat dilakukan dengan langkah yang sebenarnya tidak terlalu sulit. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang profesional dan ramah. Setiap orang pada dasarnya ingin dihargai. Jadi dengan membuat pelanggan merasa dihargai dan diberi haknya sebagai pelanggan, maka mereka akan loyal kepada suatu perusahaan. Untuk lebih memahami bagaimana cara menjaga loyalitas pelanggan, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Selalu Mencintai Pelanggan

Pelanggan memang harus dicintai dengan cara memberikan pelayanan terbaik. Pengusaha harus tahu apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggannya. Setelah mengetahui hal tersebut, pengusaha harus mampu memberikan apa yang diinginkan itu, bahkan beri lebih dari yang mereka harapkan. Selalu memberi nilai tambah yang membedakan suatu layanan atau produk tentunya akan meningkatkan nilai dari produk ataupun jasa tersebut. Jika dihadapkan pada beberapa pilihan yang hampir serupa, tentunya pelanggan akan lebih memilih produk ataupun jasa yang berani memberikan pelayanan terbaik dan memberi lebih dari apa yang mereka inginkan.

Menjaga hubungan dengan karyawan secara rutin juga merupakan satu hal yang wajib dilakukan. Jika hubungan antara perusahaan dengan pelanggan semakin dekat, tentunya pelanggan tersebut akan merasa lebih nyaman untuk memilih perusahaan yang ia anggap dekat dengan dirinya. Untuk menjaga hal tersebut, pengusaha dapat menghubunginya secara rutin atau dengan menyampaikan beberapa update informasi terkait dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Membentuk Tim Marketing yang Produktif

Pelanggan tidak akan tertarik tanpa adanya penawaran yang menarik minat mereka. Untuk itu disamping menawarkan program yang menarik, perusahaan juga harus memiliki staf yang mampu menginformasikan program menarik tersebut dengan baik. Bahkan lebih dari itu, yakni memikat pelanggan tersebut. Untuk itu membentuk tim marketing yang profesional juga menjadi bagian yang sangat penting. Pada dasarnya tidak semua pelanggan menghasilkan pemasukan kepada perusahaan.

Akan tetapi pelanggan lain yang tidak terlalu produktif juga harus tetap dijaga akan tetapi pastikan untuk lebih fokus pada pelanggan yang memberikan pemasukan paling besar untuk perusahaan. Berikan pelayanan ekstra kepada pelanggan yang produktif sehingga pendapatan perusahaan lebih stabil. Jika pelanggan seperti ini loyal kepada perusahaan, tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *