Teropong Bisnis | Homepage
Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan

Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan

0 Comments 🕔03.Aug 2013

Pentingnya Pelanggan Bagi Bisnis

Bila anda adalah seorang pebisnis, anda perlu paham bahwa bisnis yang sukses biasanya bergantung pada 80 persen kualitas bisnisnya dan 20 persen dari pelanggannya. Mempertahankan loyalitas pelanggan sangat penting untuk bisnis apapun, karena membutuhkan lebih banyak waktu dan uang untuk mencari klien baru daripada yang dilakukannya untuk menjaga yang lama. Bila kamu pebisnis yang tidak tahu bagaimana caranya menjaga kualitas pelanggan, kamu dapat mengikuti tips yang hendak saya diskusikan di artikel ini.

Tips yang pertama adalah untuk selalu membuka jalur komunikasi antara anda dan pelanggan anda. Disini anda perlu membuat dan memelihara database informasi kontak pelanggan yang sudah anda miliki dan menjangkau pelanggan tersebut secara teratur. Newsletter email atau selebaran bulanan adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan pelanggan anda.

Tips-Menjaga-Loyalitas-Pelanggan-2

Tips Lebih Lanjut

Tips yang kedua adalah untuk selalu memberi kesan kepada pelanggan bahwa kamu memberikan pelayanan yang terbaik. Hal ini karena pelanggan akan selalu ingat ketika mereka diperlakukan dengan baik. Kesan positif ini akan membuat pelanggan anda untuk selalu kembali menggunakan produk dan jasa yang anda tawarkan. Disini anda perlu berikan konsumen cara mudah untuk mengekspresikan keprihatinan mereka, keluhan atau pujian pada bisnis anda baik melalui telepon atau melalui email. Dalam hal ini anda perlu mempertahankan sikap positif ketika menjawab pertanyaan pelanggan tersebut.

Tips berikutnya adalah untuk memperlakukan pelanggan anda sebagaimana anda ingin diperlakukan. Loyalitas didapat dengan bagaimana anda menunjukkan sikap yang benar terhadap para pelanggan. Hal ini juga memiliki efek terhadap para karyawan anda, mereka akan sopan terhadap pelanggan. Anda perlu paham bahwa karyawan anda adalah representasi perusahaan anda. Karena itulah perlu dilakukan pelatihan kepada karyawan tersebut supaya mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap para pelanggan. Pelayanan yang baik akan berujung pada bagaimana anda dapat membuat kesan pelanggan tersebut. Tips selanjutnya adalah dengan membuat bisnis anda benar-benar bermanfaat untuk pelanggan. Anda dapat meberlakukan insentif seperti diskon, tawaran spesial seperti gratis biaya pengiriman, atau lain sebagainya. Hal ini memberikan pelanggan sebuah alasan untuk kembali ke bisnis anda. Anda dapat menggunakan program insentif untuk meningkatkan bisnis selama periode lambat dan untuk mempromosikan produk baru.

Tips selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa jajaran karyawan anda paham benar mengenai produk atau jasa bisnis yang anda punya. Mengetahui produk anda sendiri penting untuk mengembangkan bisnis yang anda punya. Pastikan karyawan anda memiliki pengetahuan tentang produk tersebut sehingga mereka yakin dapat menginformasikan dan membantu pelanggan dalam mempelajari produk bisnis anda. Tips selanjutnya adalah berkaitan dengan bagaimana anda membuat para pelanggan merasa lebih dihargai dengan mengingat nama-nama mereka. Terlebih lagi untuk para pelanggan setia, mengingat nama merupakan kewajiban mutlak.

Flight attendant putting blanket on sleeping man

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *