Teropong Bisnis | Homepage
Tips Menghindari Penipuan Investasi Emas Ilegal

Tips Menghindari Penipuan Investasi Emas Ilegal

🕔01.Nov 2013

Dengan maraknya investasi maka tidak heran jika kasus penipuan berkedok investasi juga meningkat. Untuk lebih meyakinkan penipuan tersebut pelaku bahkan menggunakan agama agar tampak lebih meyakinkan. Modus penipuan ini justru sangat marak dilakukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Palembang, dan Medan.

Di sisi lain, banyak korban penipuan yang enggan melapor ke pihak yang berwajib.  Lalu, bagaimana cara untuk mencegah terjadinya investasi emas ilegal. Sebenarnya, ada beberapa caya untuk mewaspadai investasi emas ilegal tersebut. Contohnya, Anda tidak boleh langsung tertarik hanya karena return yang besar. Bahkan ada pula yang menawarkan dengan risiko yang hampir 0%.

Tentu saja, Anda patut waspada dengan penawaran semacam itu. Perlu Anda camkan baik-baik bahwa tidak ada investasi jenis apapun yang tidak berisiko.  Setelah itu, Anda harus memastikan mengenai kelegalan perusahaan yang menawarkan investasi emas tersebut.

Anda harus waspada karena modus penipuan ini biasanya menggunakan tenaga marketing secara langsung untuk menawarkan produk investasinya. Anda tidak boleh takut atau malu untuk bertanya mengenai legal tidaknya perusahaan yang menawarkan investasi emas tersebut. Biasanya, mereka akan memberikan Surat Izin Usaha Perdagangan agar tampak meyakinkan. Sekali lagi! Anda tidak boleh langsung percaya.

Faktanya SIUP tersebut bukan surat izin untuk mengelola investasi dan penghimpunan dana. Salah satu ciri investasi emas ilegal yang mencolok adalah adanya janji-janji yang sangat tidak wajar bahkan sangat mustahil. Dalam hal ini, Anda harus sangat memperhatikan perkataan setiap kalimat dari sales investasi emas tersebut.

Ada kalanya, sales hanya memberikan janji-janji yang menggiurkan. Justru, Anda patut curiga dengan hal tersebut bahkan Anda bisa pastikan bahwa investasi emas tersebut 100% penipuan. Untuk menyakinkan Anda, mereka mengatakan bahwa investasi tersebut sudah dijamin oleh pihak tertentu seperti bank atau giro bahkan pemerintah.

Tentunya, janji yang paling patut dicurigai adalah adanya imbalan yang sangat besar dengan pendapatan yang konsisten. Anda harus paham bahwa tidak ada satupun investasi yang memiliki return dengan jumlah yang konsisten. Intinya, return bisa berubah-ubah tergantung dari faktor eksternal yang ada. Pelajari dengan seksama tips menjaga diri dari investasi emas ilegal di atas.

Faktanya, kebanyakan orang masih saja tertipu karena mereka kurang mendapatkan informasi yang benar terkait investasi emas. Lebih jauh lagi, mereka juga tidak melakukan hal yang sepertinya sepele seperti mengecek kelegalan perusahaan yang menawarkan investasi tersebut.

Waspada untuk sebuah investasi yang besar jumlahnya memang harus Anda lakukan. Semua investasi ada risikonya. Tugas Anda adalah memahami risiko-risiko tersebut sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil salah satu jenis investasi termasuk investasi emas. Semoga dengan informasi ini Anda dapat terhindar dari investasi emas ilegal dan mendapatkan investasi yang benar-benar legal.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan