Teropong Bisnis | Homepage
Tips Mencari Modal Usaha Untuk Usaha Kecil

Tips Mencari Modal Usaha Untuk Usaha Kecil

0 Comments 🕔17.May 2013

Peluang Usaha Kecil

Pada umumnya orang akan bekerja untuk mendapatkan penghasilan bulanan yang dapat mereka manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mereka miliki. Akan tetapi perlu diperhatikan pula bahwa terkadang penghasilan bulanan tersebut dikatakan kurang bagi mereka. Karena itulah mereka akan mencari ide tentang bagaimana cara meningkatkan pendapatan yang mereka miliki.

Salah satunya adalah dengan cara berbisnis. Ide berbisnis tidak harus menggunakan modal besar karena Anda dapat memulai terlebih dahulu dengan usaha kecil. Peluang usaha kecil sekarang ini sudah menjadi pilihan banyak masyarakat untuk menambah pendapatan mereka. Akan tetapi masih banyak yang mengalami masalah mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan modal untuk memulai usaha kecil yang mereka dambakan.

Cara Mencari Modal Usaha Kecil

Sebenarnya mencari modal untuk usaha kecil yang hendak Anda aplikasikan amat mudah bila Anda tahu mengenai cara apa saja yang dapat Anda untukkan. Tips pertama untuk mendapat modal untuk usaha kecil Anda adalah dengan cara menabung. Tentu saja usaha kecil tidak memerlukan modal sebesar usaha yang besar maupun waralaba bukan? Karena itulah Anda dapat memanfaatkan tabungan Anda untuk memulai usaha kecil yang Anda dambakan.

Akan tetapi tiap orang pastinya memiliki jumlah tabungan yang berbeda dengan yang lain. Amat dianjurkan bila Anda terlebih dahulu mengumpulkan tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk memulai bisnis atau usaha kecil Anda. Bila Anda terburu-buru dan ingin segera memulai usaha kecil tersebut, modal dari tabungan Anda tentu saja bukan merupakan ide yang baik.

Ide untuk mencari modal usaha kecil yang kedua adalah dengan cara meminjam dari badan finansial tertentu. Pada umumnya orang akan meminjam uang untuk melakukan usaha kecil dari pihak bank. Yang diperlukan tentu saja beberapa persyaratan dasar untuk mendapatkan modal pinjaman dari bank tersebut terutama rencana bisnis yang Anda punya, catatan kredit yang baik, dan juga jaminan. Jaminan yang dimaksud disini dapat berupa sertifikat tanah, rumah, ataupun kendaraan. Namun banyak juga penyedia dana pinjaman modal yang tak perlu menyertakan jaminan namun Anda harus bersedia menanggung suku bunga pinjaman yang lebih besar dari bank-bank pada umumnya. Bila bank tidak sesuai dengan preferensi dan keadaan Anda, maka Anda dapat  memilih penyedia dana lain seperti koperasi.

Ide berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan modal usaha kecil adalah dengan cara mencari investor untuk bisnis kecil yang ingin Anda lakukan. Sesuai dengan konsepnya, yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggalang dana atau modal dari beberapa orang yang bersedia menanamkan sejumlah uang pada bisnis kecil yang hendak Anda buka. Tentu saja Anda harus menawarkan sebuah kontrak perjanjian dimana para investor tersebut akan mendapatkan persenan dari nilai profit yang didapat bisnis tersebut tiap bulannya. Mungkin cara ini akan mengurangi jumlah untung yang Anda dapatkan namun pastinya memudahkan Anda untuk memperoleh bantuan modal.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *