Teropong Bisnis | Homepage
Tips Memperoleh Pelanggan yang Tepat

Tips Memperoleh Pelanggan yang Tepat

0 Comments 🕔18.Apr 2013

Marketing adalah tahap yang sangat penting dalam suatu bisnis. Kesuksesan penjualan produk ataupun jasa sangat bergantung pada hal ini. Akan tetapi ada satu hal yang menjadi tujuan utama dari marketing yaitu untuk memperoleh pelanggan tetap. Untuk memperoleh pelanggan tetap, tentunya dibutuhkan strategi yang tepat pula. Mengumpulkan banyak profil pelanggan, merangkumnya dan menyimpulkan karakter dari pelanggan adalah cara yang umum dilakukan. Namun sayangnya banyak pengusaha yang memperoleh profil pelanggan yang kurang sesuai. Salah satu contohnya adalah butik pakaian batik yang lebih banyak dikunjungi oleh orang-orang yang mencari t-shirt. Jika hal ini yang terjadi, tentunya tidak akan ada transaksi pembelian yang sesuai dengan harapan.

Untuk menghindari hal tersebut, pengusaha harus mampu menyelaraskan antara profil pelanggan dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, pelanggan ideal yang sesuai dengan harapan dapat diperoleh. Untuk memperoleh pelanggan yang ideal, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan.

Tetapkan Tipe Pelanggan Ideal

Sebelum mampu memperoleh pelanggan ideal, tentunya sebelumnya harus ditetap pelanggan ideal yang sesuai dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan terlebih dahulu. Penetapan pelanggan ideal ini bisa mengacu pada kelompok umur, profesi, besar pendapatan hingga cara mereka membelanjakan uang mereka. Kalau target pelanggan ideal yang diinginkan adalah perusahaan, maka tentukan sektor usaha yang digeluti dan jumlah asset yang dimiliki. Seteleah berhasil mengumpulkan informasi-informasi tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat kelompok pelanggan.

Dalam mengoptimalkan teknik marketing yang berdampak pada meningkatnya angka penjualan, perlu dilakukan pengelompokan pelanggan. Cari tahu kenapa pelanggan ideal tersebut membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan. Cari tahu mengapa mereka memilih produk yang ditawarkan itu. Jika ada tipe pelanggan dengan karakteristik seperti itu, tentunya masih ada tipe-tipe pelanggan lain yang cukup potensial. Setelah itu, berkomunikasi dengan mereka harus segera dilakukan. Cara untuk berkomunikasi sebenarnya bisa diwujudkan dalam bentuk verbal dan non verbal. Secara lebih jelasnya, hal ini bisa diwujudkan dari tampilan toko, penampilan karyawan bahkan cara karyawan dalam berperilaku dan berbicara juga mampu mengundang pelanggan dengan tipe-tipe tertentu.

Memelihara Pelanggan Ideal

Memperoleh pelanggan ideal memang bukan perkara yang mudah. Untuk itu setelah memperoleh pelanggan ideal maka sebaiknya jangan lupa untuk melakukan tindakan pemeliharaan pelanggan. Untuk tetap menjaga loyalitas pelanggan, bisa dilakukan dengan cara mengadakan pogram-program yang sesuai dengan harapan mereka. Sebenarnya pelanggan adalah aset yang berharga. Dari merekalah pemasaran yang lebih efektif dapat dilakukan.

Hal ini tentunya sangat masuk akal. Orang-orang dengan tipe tertentu pasti akan bergaul dengan tipe-tipe orang yang tidak berbeda jauh dengan mereka. Pada umumnya orang juga lebih percaya tawaran yang disampaikan oleh orang yang dekat dengan mereka. Disinilah peran penting pelanggan dalam memperluas wilayah pemasaran.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *