Teropong Bisnis | Homepage
Tips meminimalisasi Kerugian dalam Berbisnis

Tips meminimalisasi Kerugian dalam Berbisnis

0 Comments 🕔04.Oct 2013

Menjadi pengusaha atau berbisnis mungkin merupakan salah satu profesi yang diimpikan banyak orang. Namun sayangnya, hanya sedikit diantara mereka yang benar-benar serius dalam menjalankannya karena berbagai faktor. Salah satu faktor yang sering ditakutkan banyak orang adalah mengenai kerugian yang mungkin akan dialami. Padahal, resiko-resiko kerugian dan sejenisnya adalah suatu hal yang lumrah dalam hal berbisnis. Bahkan, jika kita mampu menanggapinya dengan optimis dan berpikiran terbuka, sebenarnya, kerugian yang kita alami merupakan suatu pelajaran yang sangat berharga untuk kedepannya. Jadi, bagi Anda yang pernah mengalami suatu kegagalan dalam berbisnis, anggaplah hal tersebut sebagai investasi pendidikan bisnis, sehingga kita tidak perlu mengalaminya lagi di kemudian hari. Namun tentunya, akan lebih baik jika Anda dapat mengurangi resiko-resiko kerugian dalam berbisnis. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisasi kerugian bisnis.

1. Mencari partner kerja yang dapat diandalkan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan dalam rangka meminimalisasi kerugian bisnis adalah dengan mencari partner kerja yang benar-benar dapat diandalkan. Memang, bagi sebagian besar orang, akan lebih nyaman jika bisa menentukan sendiri kebijakan-kebijakan dalam berbisnis. Namun, jika Anda tergolong pemula, akan lebih baik jika memiliki seorang rekan kerja, sehingga Anda dapat mendapatkan ide-ide dan saran yang tentunya bermanfaat bagi kelangsungan bisnis Anda.

2. Belajar dari yang Nomor Satu

Agar bisnis Anda berhasil, akan lebih baik jika Anda belajar langsung dari orang nomor satu di bidangnya atau setidaknya kepada mereka yang benar-benar berpengalaman dan sukses. Jika dirasa sulit untuk bertemu dengan orang-orang tersebut, Anda dapat membeli buku-buku biografi pengusaha ataupun mengikuti seminar-seminar kewirausahaan.

3. Bekerja sama dengan orang yang telah sukses

Jika Anda memiliki seorang teman atau kenalan yang telah terbukti handal dibidangnya, tentu saja, akan sangat baik untuk berkerja sama dengannya. Misalnya, Anda bisa mengambil sebuah waralaba yang sudah terbukti sukses di pangsa pasar. Tentunya, pebisnis yang telah sukses memiliki intuisi bisnis dan marketing yang lebih handal.

4. Memulai Bisnis dari Hobby

Ada baiknya memulai bisnis dari hal-hal yang Anda sukai. Jika Anda menyukai musik dan memiliki banyak pengalaman tentang hal tersebut, akan lebih baik untuk membuka bisnis di bidang yang bersangkutan, misalnya toko kaset atau alat musik. Dengan demikian, Anda tidak lagi memerlukan usaha ekstra dalam hal ini.

5. Pilih bisnis dengan resiko kecil

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memulai suatu bisnis dengan kemungkinan kerugian yang relatif kecil. Dengan kata lain, terutama bagi Anda yang belum berpengalaman, akan lebih baik untuk memulai bisnis dengan modal kecil.

6. Berpikir Kreatif

Tentunya, Anda harus memikirkan hal-hal atau alternatif-alternatif lain yang jarang dipikirkan banyak orang, baik yang berkaitan dengan produk ataupun teknik marketing. Sehingga, dengan minimnya persaingan, Anda akan dapat dengan mudah meminimalisasi kerugian bisnis Anda.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *