Teropong Bisnis | Homepage
Tips Memilih Properti Yang Baik

Tips Memilih Properti Yang Baik

0 Comments 🕔13.Apr 2013

Perhatikan Finansial dan Tujuan

Saat ini ada sekitar 85% orang yang membeli sebuah properti dikarenakan dorongan dari emosi yang membuat hasil akhirnya kemudian pun biasanya tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Lalu bagaimanakah cara yang terbaik dalam memilih properti dan juga sekaligus bisa menguntungkan. Tips memilih properti yang baik pertama kali yang perlu Anda perhatikan adalah hal finansial, sebaiknya Anda tentukanlah dan pahamilah terlebih dahulu dari kondisi keuangan Anda.

Tentukanlah apakah Anda akan membeli secara tunai, tunai dengan cara bertahap atau secara kredit. Sesuaikanlah pembelian properti dengan kemampuan dari keuangan Anda. Lalu tentukan juga tujuan dari Anda membeli sebuah properti. Apakah Anda membelinya untuk digunakan sebagai tempat tinggal, sebagai sebuah investasi atau untuk tempat usaha. Pikirkanlah dengan baik kedua hal tersebut yaitu finansial dan tujuan sebelum memutuskan membeli sebuah properti.

Lokasi Yang Strategis Sebagai Penentu

Jika Anda sudah memutuskan dengan matang kedua hal tersebut, barulah langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi. Pemilihan lokasi memang sangatlah penting yang disesuaikan dari tujuan Anda memilih sebuah properti. Bila memang memerlukan sebuah properti yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal, tentunya haruslah pada lokasi yang tenang atau tidak dekat dengan hiruk pikuk perkotaan, dilengkapi dengan keamanan yang baik dan 24 jam, bebas dari polusi, akses dalam menuju ke lokasi dan juga berbagai fasilitas penunjang yang tersedia disekitar dari lokasi tempat tinggal Anda nantinya.

Jika Anda membeli properti untuk usaha sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis, yang terpenting adalah kemudahan akses bagi konsumen untuk menjangkau tempat usaha Anda, lalu pilihlah tempat yang paling cocok dan sesuai dengan usaha yang Anda jalani. Jika untung kepentingan investasi, Anda harus pintar memilih lokasi yang memang strategis dan juga mudah nantinya untuk dijual kembali. Janganlah terpengaruh dengan harga yang murah dan mendapatkan sebuah properti dengan ukuran yang besar, pikirkanlah dalam kemudahannya jika properti tersebut ingin dijual kembali.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan adalah dari masalah pengembangnya, sebaiknya cari tahulah terlebih dahulu mengenai reputasi dari pengembang properti. Lihatlah dari komitmen si pengembang yang diterapkan dalam berbagai macam hal semisal seperti kesesuaian dari spesifikasi properti atau bangunan yang dijanjikan kepada Anda, fasilitas penunjang yang disediakan oleh pengembang, jadwal dari serah terima yang harus memang tepat waktu dan berbagai macam hal lainnya yang perlu diperhatikan dari pengembang.

Kemudian masalah legalitas dokumen yang juga harus Anda perhatikan, seperti masalah status tanahnya apakah tanah tersebut Hak Milik atau Hak Guna Bangunan, biasanya nilai Hak Milik akan lebih tinggi dari Hak Guna Bangunan. Jika memang diperlukan, Anda bisa mengeceknya di Badan Pertahanan Nasional. Lalu, masalah dari IMB atau Izin Mendirikan Bangunan dan PPJB atau Perjanjian Pengikatan Jual Beli yang harus dipelajari dengan baik, seperti memperhatikan sanksinya, tanggal serah terimanya, serta hak dan kewajibannya.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *