Teropong Bisnis | Homepage
Tips Memilih Perencana Keuangan

Tips Memilih Perencana Keuangan

0 Comments 🕔08.Aug 2013

Memilih parter yang tepat dalam melakukan perencanaan keuangan di perusahaan anda merupakan hal yang wajib untuk anda lakukan. Partner yang mampu melakukan tugasnya dengan baik dan benar akan bisa memberikan kontribusi yang sangat positif untuk perkembangan perusahaan tidak hanya saat ini, namun juga untuk masa depan perusahaan nantinya. Bagaimana cara untuk mencari perencanaan keuangan yang tepat? Simaklah tips dibawah ini.

Tips-Memilih-Perencana-Keuangan-1

Carilah Orang yang Berpengalaman

Pertama, carilah orang yang berpengalaman dalam hal ini. Merekrut orang yang telah berpengalaman sebelumnya itu lebih baik ketimbang merekrut orang yang fresh atau masih baru karena terkadang kemampuannya masih diragukan. Orang yang berpengalaman, tahu dimana titik-titik yang harus mereka lakukan ketika bekerja dalam merencanakan keuangan, sementara orang yang masih baru terkadang masih awam dalam hal ini. Untuk perusahaan yang berskala besar, sangat penting bagi mereka untuk mencari perencana keuangan yang berpengalaman, dengan demikian tingkat kualitas dari perusahaan tersebut juga akan meningkat berkat hadinya orang yang tepat di perusahaan tersebut.

Kedua, perencana keuangan setidaknya harus memiliki gelar atau lulus dari pendidikan yang sesuai dengan bidangnya. Mereka yang berasal dari lulusan Manajemen biasanya memiliki knowledge atau pengetahuan dalam melakukan managing atau perencanaan keuangan dengan baik. Jangan mencari orang yang berasal dari lulusan yang tidak sesuai dengan bidang perencanaan keuangan, misalnya lulusan Teknik, atau bahasa, kecuali jika mereka memang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam perencanaan keuangan.

Perencana Keuangan Harus Komunikatif dan Memiliki Semangat Tinggi

Ketiga, carilah perencana keuangan yang komunikatif dan mempunyai semangat yang tinggi dalam bekerja. Hal ini bisa anda temukan pada saat pertama kali mewawancarai calon perencana keuangan di perusahaan anda. Komunikatif ini diperlukan supaya orang tersebut sanggup untuk bekerja secara tim dengan karyawan lainnya. Di samping itu, perencana keuangan yang komunikatif juga akan mampu mempresentasikan hasil temuan atau analisa keuangan yang dibuatnya dengan baik. Bekal semangat yang tinggi juga penting agar dirinya bisa memberikan kontribusi yang maksimal untuk perusahaan, lagipula perusahaan mana yang mau menerima karyawan yang sukanya loyo-loyo dan tidak semangat. Dengan memiliki perencana keuangan dengan dua kriteria tersebut, dijamin perusahaan anda akan bisa berkembang dengan semakin baik.

Keempat, perencana keuangan yang anda pilih setidaknya harus mampu untuk beradapatasi dengan perusahaan anda. Mungkin memang dia memiliki pengalaman atau pengetahuan dalam hal ini, tapi akan lebih baik lagi jika mereka tahu seluk beluk keuangan di perusahaan anda sehingga nantinya aktivitas keuangan yang ada di perusahaan akan bisa berjalan dengan lancar. Mungkin anda bisa melakukan training pada calon perencana keuangan tersebut selama 1 bulan atau lebih sesuai dengan kebijakan yang anda inginkan. Namun jika mereka sudah mampu untuk bekerja dengan baik, anda bisa menjadikannya partner terpercaya dalam perusahaan anda.

Tips-Memilih-Perencana-Keuangan-3

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *