Teropong Bisnis | Homepage
Tips Memilih Bisnis yang Tepat untuk Anda

Tips Memilih Bisnis yang Tepat untuk Anda

0 Comments 🕔17.Apr 2013

Setiap orang tentunya memiliki impian untuk membuka usahanya sendiri. Salah satu alasan terkuat untuk membangun usaha sendiri adalah kemandirian dan jaminan masa depan yang lebih baik. Manusia tidak bisa terus-terusan bekerja. Saat ia sudah beranjak tua, itu adalah saat dimana ia harus beristirahat dan menghabiskan hari tuanya untuk hal-hal lainnya, tidak hanya untuk bekerja. Akan tetapi membangun usaha bukanlah perkara yang mudah. Masalah utama yang dihadapi oleh para pengusaha baru adalah menemukan ide yang kira-kira dapat diuangkan. Karena itulah banyak yang mentok dan akhirnya hanya mengikuti jenis usaha yang sudah ada yang notabene memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi.

Agar terhindar dari masalah seperti ini, menambah referensi agar dapat menemukan jenis bisnis yang menguntungkan akan tetapi belum banyak digeluti oleh pengusaha lain adalah PR pertama yang harus diselesaikan. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membuka suatu usaha. Agar tidak salah mengambil keputusan, berikut tips Memilih bisnis yang tepat untuk Anda.

Kenali Potensi dan Manfaatkan Potensi Tersebut sebagai Inspirasi Bisnis

Usaha yang paling enak dijalankan adalah jenis usaha yang sesuai dengan hobi kita sendiri. Menggeluti hobi saja sudah sangat menyenangkan apalagi menggelutinya untuk keperluan bisnis yang dapat menghasilkan uang. Karena itulah konsep membuka bisnis berdasarkan hobi masih menjadi cara terbaik untuk membangun usaha. Jika Anda tertarik dengan dunia kuliner, maka geluti bisnis kuliner. Jika Anda termasuk penggemar teknologi, geluti saja sektor teknologi. Setelah menentukan sektor bisnis yang akan digeluti, barulah Anda bisa menentukan jenis usaha yang akan digeluti secara lebih spesifik.

Bisnis yang baik adalah bisnis yang kedepannya memiliki prospek yang baik. Untuk mengetahui hal tersebut, kemampuan untuk melihat tren pasar sangatlah diperlukan. Jika tren saat ini adalah teknologi, maka geluti bidang ini atau paling tidak manfaatkan teknologi untuk membangun usaha yang dirasa menarik. Melakukan riset pasar juga sangat penting. Pastikan bahwa usaha tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat dan pastikan bahwa persaingan di sektor bisnis tersebut masih belum terlalu ketat juga sangat penting. Satu hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah bangunlah usaha yang memang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Sesuaikan dengan Modal yang Dimiliki

Untuk membuka suatu usaha pasti selalu membutuhkan modal. Modal terbaik adalah modal yang berasal dari tabungan sendiri atau dengan kata lain bukan dari hasil berhutang. Namun modal jenis ini pastinya terbatas, untuk itu pilih jenis bisnis yang paling masuk akal dan sesuai dengan modal yang kini sudah dimiliki.

Jika modal yang dimiliki sangat terbatas, jalankan saja bisnis tersebut secara online. Pada dasarnya bisnis yang dijalankan secara online dan tidak membutuhkan kantor yang berlokasi di pinggir jalan utama tidak membutuhkan modal yang besar.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *