Teropong Bisnis | Homepage
Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

0 Comments 🕔12.Aug 2013

Memang benar memilih asuransi kendaraan tidaklah mudah. Perlu pengetahuan yang cukup banyak seputar asuransi kendaraan sebelum memilih asuransi mana yang paling tepat untuk Anda. Terlebih kini banyak perusahaan asuransi kendaraan yang menawarkan jasa asuransi kepada para customernya. Nah, agar Anda tak salah pilih asuransi kendaraan yang tepat, silahkan Anda simak beberapa tips memilih asuransi kendaraan berikut ini.

Tips-Memilih-Asuransi-Kendaraan-1

Tips pertama, Anda jangan terpaku pada murahnya premi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Alasannya adalah karena banyak perusahaan asuransi yang melakukan banting harga dengan cara menyediakan premi asuransi yang murah. Sayangnya belum tentu ada jaminan pelayanan.

Tips kedua, sebaiknya Anda lihat dulu paket produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Contohnya besarnya jaminan layanan. Besarnya jaminan ini harus disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan calon customer.

Tips ketiga, cek jaringan perusahaan asuransi. Misalnya berapa jumlah kantor cabangnya, berapa banyak bengkel rekanan, dll. Dengan mengetahui informasi ini saat ada klaim, Anda tidak perlu menunggu lama untuk meminta perbaikan kendaraan Anda atau melaporkan kendaraan yang hilang.

Tips keempat, jangan lupa untuk menanyakan fasilitas, kemudahan, dan nilai tambah yang dapat diperoleh oleh para customer. Contoh fasilitasnya antara lain fasilitas mobil Derek, hotline service, mobil pengganti, mobil ambulans, montir, dll.

Tips yang terakhir adalah cek bonafiditas perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Hal ini sangat penting untuk menghindari kerugian yang mungkin saja bisa Anda terima. Misalnya jangan sampai begitu Anda ajukan klaim, perusahaan asuransi Anda tidak mempunyai bengkel rekanan. Hati-hati dengan iklan karena hampir semua iklan perusahaan asuransi menyebutnya dirinya adalah perusahaan yang terbaik.

Kemudian bagi Anda yang memilih perushaan asuransi swasta, sebaiknya Anda perhatikan tiga hal berikut ini. Pertama,  security/ kekuatan keuangan, service/ jasa, dan beban/ biaya. Kekuatan keuangan sangat penting untuk dicek oleh Anda para customer karena jika kekuatan keuangan sebuah perusahaan asuransi tidak bagus maka kemungkinan tidak dapat memenuhi janjinya untuk memperbaiki kendaraan Anda.

Ada beberapa cara mudah untuk menilai kekuatan keuangan sebuah perusahaan asuransi, diantaranya adalah: asset dan liabilitasnya, underwriting policy, dan underwriter perusahaan asuransi yang bersangkutan. Aset dan liabilitas sebuah perusahaan asuransi dapat dilihat dari neraca keuangan perusahaan yang sering dipublikasikan di Koran. Lihat juga jenis investasinya. Apakah ditanam pada longterm atau current. Kemudian dari sisi liabilitas, Anda dapat melihatnya dari neraca seperti bagaimana perusahaan memenuhi kewajiban untuk membayar klaim dan masih banyak contoh lainnya.

Dan hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah seputar keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi tiap tahunnya,  berapa besar premi bruto  yang diterima perusahaan asuransi tiap tahunnya, dan berapa besar tambahan modal serta asset setiap tahunnya.

Tips-Memilih-Asuransi-Kendaraan-3

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *