Teropong Bisnis | Homepage
Tips Membuka Bisnis Kuliner yang Sukses

Tips Membuka Bisnis Kuliner yang Sukses

0 Comments 🕔12.Apr 2014

Bisnis kuliner memang sedang naik daun. Bisnis ini bisa dibilang sebagai cara cepat mendapatkan keuntungan karena setiap orang membutuhkan makan. Walaupun bisnis kuliner sudah sangat umum tapi bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan bisnis ini. Tapi sebelum itu, simak dahulu tips membuka bisnis kuliner di tengah menjamurnya restoran dan warung.

Contohnya, Anda harus bisa memikirkan sesuatu yang berbeda antara bisnis kuliner milik Anda dan bisnis kuliner milik pesaing Anda. Coba pikirkan nama warung atau restoran yang unik dan membuat orang memperhatikannya. Selain itu, Anda juga bisa membuat nama yang unik untuk menu-menu yang ditawarkan oleh restoran Anda.

Tujuan memberikan sesuatu yang berbeda tersebut adalah untuk menarik perhatian pembeli untuk singgah kemudian mencoba menu yang Anda tawarkan. Lebih lanjut lagi, tips membuka bisnis kuliner lain yang bisa Anda lakukan adalah melihat segmen pasar. Segmen pasar atau pembeli harus sangat Anda perhatikan.

Ini karena nantinya tipe pembeli terkait dengan menu dan konsep restoran atau bisnis kuliner yang akan Anda jalankan. Perlu Anda perhatikan bahwa konsep bisnis kuliner untuk kalangan menengah ke bawah sangatlah berbeda dengan konsep bisnis untuk kalangan menengah ke atas. Lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu mengenai siapa saja yang lewat di sekitar lokasi yang akan Anda jadikan tempat berbisnis kuliner.

ide bisnis, usaha kuliner, tips usaha, peluang bisnis, wirausaha

Dengan menentukan segmen pembeli maka Anda bisa menentukan berbagai hal termasuk menu yang ditawarkan serta harga. Teliti pula jenis makanan apa saja yang sedang tren di ranah bisnis kuliner atau setidaknya di sekitar lokasi yang akan Anda jadikan restoran atau warung.

Jika warung telah berdiri, Anda tidak boleh berdiam diri saja menanti pembeli. Anda harus pandai-pandai dan gencar berpromosi. Sebenarnya, ide unik yang Anda terapkan di bisnis tersebut secara langsung bisa menjadi sarana promosi yang tepat.

Orang akan penasaran dengan namanya kemudian langsung mencobanya. Selain itu, promosi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan media jejaring sosial. Promosi juga bisa Anda lakukan dengan melakukan inovasi.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan informasi mengenai menu baru kepada pembeli. Usahakan untuk menampilkan menu baru setiap bulan sehingga orang tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Jangan lupa pula untuk memastikan modal yang akan Anda gunakan dalam bisnis ini.

Umumnya, dana yang harus Anda keluarkan untuk melakoni bisnis kuliner adalah Rp. 40.000.000. Pastikan bahwa modal tersebut tersalur dengan benar. Misalnya, modal tersebut bisa Anda belanjakan untuk menyiapkan perlengkapan bisnis dan promosi.

Perhatikan setiap hitungan bisnis Anda untuk meminimalisir risiko. Jika bisnis Anda sudah mulai berkembang, Anda bisa menerapkan salah satu tips membuka bisnis kuliner yaitu melebarkan sayap dengan sistem waralaba atau kemitraan.

ide bisnis, usaha kuliner, tips usaha, peluang bisnis, wirausaha

BACA JUGA:

Tahapan Memilih Bisnis Waralaba

3 Jurus Mudah Fokus dalam Berbisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *