Teropong Bisnis | Homepage
Tips Melawan Sifat Boros

Tips Melawan Sifat Boros

0 Comments 🕔17.Jan 2014

Boros memang sebuah kebiasaan yang mungkin sedikit sulit untuk dihindari. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk dihilangkan. Sifat boros terkadang membuat Anda bisa bersenang-senang. Namun setelah itu, Anda harus menanggung resiko bahkan bisa menyebabkan Anda hutang sana-sini. Mengatasi sifat boros ini memang tidak mudah. Butuh sebuah kemauan yang ekstra kuat agar Anda bisa terlapas dari sifat ini.

Boros terjadi karena Anda tidak bisa mengendalikan kemauan Anda. Sering kali Anda membeli barang-barang yang sebenarnya kurang penting. Sehingga pengeluaran Anda menjadi membangkak. Padahal, kebutuhan yang lebih penting masih banyak. Dan bisa jadi kebutuhan yang lebih penting itu menjadi terabaikan. Anda perlu belajar sedikit demi sedikit untuk mengelola nafsu boros ini. Apalagi ketika Anda masih mengandalkan dana bulanan dari orang tua.

Hal ini mungkin terjadi, sebab tidak adanya proyeksi lengkap kebutuhan selama satu bulan ke depan. Maka dari itu, Anda perlu belajar membuat daftar kebutuhan selama satu bulan. Apabila waktu satu bulan terlalu panjang, Anda bisa memperpendeknya. Buatlah proyeksi anggaran selama satu pekan ke depan. Jadi setelah kewajiban pokok dalam sebulan sudah terpenuhi, Anda bisa membagi uang tersebut menjadi 4 amplop. Dimana setiap amplop berisi kebutuhan Anda selama satu minggu. Dan jangan sampai Anda membuka amplop kedua sebelum minggu pertama terlewati. Jika memang dalm kondisi terpaksa, maka Anda harus mengurangi kebutuhan untuk minggu selanjutnya. Itulah konsekuensi yang harus Anda tanggung.

boros, wanita, gaya hidup, keuangan, tips menabung

Selain itu, Anda juga perlu menghindari berbagai tempat yang bisa membuat Anda hilang kendali. Misalnya pergi ke mall, nongkrong di cafe, jalan-jalan, dan lain sebagainya. Anda juga perlu belajar untuk mengevaluasi anggaran. Salah satu caranya adalah kebiasaan yang berbiaya tinggi perlu diturunkan, atau dijarangkan bahkan bisa dihilangkan. Misalnya mengurangi koleksi pembelian baju branded, mengurangi pembelian novel dengan meminjam di perpustakaan, dan lain sebagainya.

Hal penting yang perlu Anda latih adalah membiasakan menabung. Sehingga Anda bisa berlatih sedikit demi sedikit untuk belajar hemat. Anda perlu berlatih untuk menahan keinginan dan berlatih sabar sampai financial Anda mencukupi untuk membeli keinginan Anda itu. Dengan mebiasakan menabung, maka Anda bisa menghemat pengeluaran yang seringkali tak bisa Anda bendung.

Hal penting lain ketika Anda ingin membuang kebiasaan boros adalah konsisten dan sabar. Ketika di awal, mungkin Anda mengalami masa-masa yang sulit. Namun jangan menyerah, dan teruslah untuk konsisten mempertahankan kebiasaan ini. Jika Anda sudah berhasil melewatinya sekitar 6 bulan atau lebih, maka berhemat bukan lagi menjadi hal yang sulit. Bahkan bisa menjadi sebuah kebiasaan baru bagi anda. Kuncinya adalah komitmen dan konsisten, serta jalani setiap prosesnya dengan sabar.

boros, wanita, gaya hidup, keuangan, tips menabung

BACA JUGA:

Bahaya Memiliki Modal Bisnis Yang Besar

5 Jurus Tingkatkan Efektivitas Promosi Dari Mulut Ke Mulut

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *