Teropong Bisnis | Homepage
Tips Dahlan Iskan Sebelum Meminjam Modal Usaha

Tips Dahlan Iskan Sebelum Meminjam Modal Usaha

0 Comments 🕔19.Apr 2013

Untuk menjalankan bisnis memang pasti membutuhkan modal yang tidak sedikit. Modal inilah yang nantinya akan terus diputar untuk menjalankan roda keuangan perusahaan. Besar kecilnya modal juga mempengaruhi jumlah uang yang akan diperoleh. Semakin besar modal yang dimiliki makan akan semakin besar pula pendapatan yang dapat diperoleh. Namun memperoleh modal terkadang memang menjadi kendala. Kendala dalam memperoleh modal biasanya karena memang tidak tersedianya modal yang cukup untuk membuka usaha. Akan tetapi hal ini masih bisa diatasi dengan meminjam uang pada bank.

Modal usaha yang diperoleh dari berhutang sebenarnya memang sangat beresiko. Karena statusnya adalah hutang, maka pinjaman tersebut harus dikembalikan beserta dengan bunga yang telah ditetapkan sebelumnya. Karena itulah sebelum memutuskan apakah akan berhutang atau tidak sangat penting bagi para pengusaha untuk mempertimbangkan hal ini dengan sangat matang. Untuk itu, Dahlan Iskan yang merupakan seorang pengusaha sekaligus menteri BUMN mengingatkan kepada para pengusaha agar berpikir dahulu sebelum memutuskan untuk berhutang.

Pinjam Modal di Saat yang Tepat

Meminjam uang itu harus dilakukan pada waktu yang tepat. Dalam dunia bisnis juga demikian, Jika dirasa belum butuh, lebih baik jangan meminjam uang. Akan tetapi dalam hal pengembangan usaha, meminjam uang hendaknya dilakukan hanya pada saat bisnis yang sedang digeluti memang sudah akan berkembang. Pesan tersebut dilontarkan oleh Dahlan Iskan kepada para pengusaha pada acara d’Preneur di Menara Bank Mega. Menurutnya jika belum ada indikasi bahwa usaha memang akan berkembang, sebaiknya jangan meminjam uang.

Waktu yang Tepat untuk Meminjam Uang

Meski banyak pengusaha yang sudah tahu bahwa meminjam uang hendaknya pada saat yang tepat akan tetapi tidak banyak yang benar-benar tahu kapan waktu yang tepat itu. Karakteristik umum dari waktu yang tepat untuk meminjam uang memang pada saat suatu bisnis mengindikasikan perkembangan atau peningkatan jumlah permintaan. Secara lebih real-nya, Dahlan Iskan memberi contoh seperti ini. Pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agen perjalanan ada bukti nyata bahwa permintaan konsumen meningkat tajam. Akan tetapi di sisi lain perusahaan tidak memiliki modal untuk memenuhi semua permintaan tersebut. Pada saat inilah pengusaha hendaknya meminjam uang untuk menambah modalnya.

Modal yang kecil memang menghambat jumlah produksi atau pelayanan yang diberikan. Bahkan jika usaha yang dijalankan itu mampu memikat banyak orang, ada kemungkinan perusahaan akan kesulitan dalam memenuhi permintaan tersebut. Bahkan tidak jarang perusahaan harus menolak permintaan konsumen. Hal ini tentunya sangat tidak direkomendasikan. Agar semua konsumen dapat dilayani dengan baik, maka pengusaha harus menambah modalnya meski itu harus dengan meminjam uang terlebih dahulu. Menurut Dahlan Iskan, meminjam uang itu bukanlah tabu. Karena itu ia berpesan kepada para pengusaha agar tidak takut untuk meminjam modal. Akan tetapi meminjam modal hendaknya juga dilakukan secara bijak dan penuh perhitungan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *