Teropong Bisnis | Homepage
Tips Cara Mengelola Cashflow

Tips Cara Mengelola Cashflow

0 Comments 🕔20.Jul 2013

Tips-Cara-Mengelola-Cashflow-3

Istilah Cashflow digunakan untuk menggambarkan sejumlah uang kas yang keluar masuk di sebuah perusahaan akibat adanya aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Cashflow ini tentunya apabila dimanfaatkan dengan baik akan bisa menjadikan keuntungan yang menjanjikan bagi perusahaan yang kamu miliki. Namun demikian, Cashflow untuk berbagai jenis perusahan tidak semuanya sama, ada cashflow yang lancar namun ada juga cashflow yang sering menyendat. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya bisa mengelola cashflow dengan baik dan benar.

Persiapan dalam Pengelolaan Cashflow

Pertama, supaya aliran uang kas kamu bisa lancar, maka pastikan kamu merencanakan apa saja perlengkapan yang harus dipersiapkan oleh perusahaan kamu. Pada dasarnya, sebuah perusahaan sudah jelas akan mengeluarkan sejumlah uang yang berasal dari kasnya untuk memberikan fasilitas bagi perusahaan tersebut. Katakan kamu akan menambah kuota karyawan di sebuah perusahaan, dan berencana untuk menggunakan uang kas untuk membeli komputer, meja dan kursi bagi karyawan baru tersebut, maka sudah pasti uang yang kamu keluarkan haruslah mampu untuk dikelola dengan baik. Jangan sampai nantinya kamu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli fasilitas tersebut. Menyediakan fasilitas bagi para karyawan memang harus kamu lakukan supaya aktivitas yang mereka lakukan bisa menjadi lebih mudah, namun demikian jangan terlalu boros juga. Jika tidak, nantinya cashflow kamu akan mengalami ketidakstabilan dan menjadikan perusahaan mengalami kerugian.

Rencanakan Cashflow dengan Baik

Kedua, jangan membeli barang atau fasilitas yang sekiranya tidak dibutuhkan oleh perusahaan kamu. Daripada mengeluarkan uang untuk menambah fasilitas sekunder yang tidak terlalu perlu, sebaiknya kamu mengeluarkan uang untuk membiaya proyek saja, hal ini tentunya akan lebih menguntungkan bagi kamu. Uang yang dikeluarkan untuk membiayai proyek akan membuat kamu malah mendapatkan penghasilan tambahan lagi nantinya. Jika proyek tersebut nanti berhasil, maka uang cashflow yang sudah kamu keluarkan akan bisa kembali lagi menjadi milik kamu. Dalam ilmu ekonomi istilah ini disebut juga dengan balik modal. Pastikan uang yang dikeluarkan untuk proyek yang dikerjakan tersebut juga mampu diimbangi dengan baik oleh kinerja karyawan yang maksimal sehingga peluang untuk memperoleh keuntungan akan bisa didapatkan kemudian.

Ketiga, mengelola Cashflow tentunya tidak semudah yang kamu perkirakan, maka dari itu ada baiknya jika kamu menyewa jasa akuntan advisor. Dengan menggunakan jasa penasehat bisnis, kamu bisa memperkirakan apakah uang yang kamu keluarkan untuk berbisnis tersebut bisa menjamin pemasukan lagi atau tidak. Di samping itu outcome dari apa yang bisnis kamu kerjakan juga menentukan sekali. Semakin banyak pengeluaran yang kamu keluarkan maka kamu juga harus mampu untuk mendapatkan pemasukan yang sama dengan jumlah yang dikeluarkan. Bahkan kalau bisa jumlahnya harus lebih. Pengelolaan Cashflow kini tengah dikembangkan oleh beberapa perusahaan terkenal yang ada di dunia, termasuk Indonesia.

Tips-Cara-Mengelola-Cashflow-5

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *