Teropong Bisnis | Homepage
Tips Bisnis Hewan Kurban

Tips Bisnis Hewan Kurban

0 Comments 🕔04.Oct 2013

Bagi sebagian besar orang, hari raya besar keagamaan merupakan waktu yang tepat untuk menjalankan bisnis musiman. Sebagai contoh, di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka usaha, misalnya minuman segar, jajanan berbuka serta pakaian. Nah, meskipun Idul Fitri sudah terlewati, bagi Anda yang ingin menjalankan usaha sampingan, maka Anda tidak perlu kecewa. Seperti yang kita tahu, Idul Adha sebentar lagi akan dirayakan. Salah satu jenis usaha yang menjadi primadona mendekati Idul Adha adalah bisnis hewan kurban. Tentunya jenis usaha ini sangat menguntungkan, mengingat harga hewan kurban yang cenderung melambung tinggi dalam beberapa minggu sebelum hari H. Selain terkait dengan transaksi jual beli, adapula jenis bisnis lain yang bisa Anda jalankan, yaitu bisnis pemotongan hewan kurban.

Sebenarnya ada banyak cara untuk meraup keuntungan dalam bisnis hewan kurban ini, bahkan jika Anda masih tergolong pemula. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan dalam menggeluti bisnis musiman ini tanpa harus takut dengan resiko kerugian.

1. Jika Anda masih tergolong pemula, ada baiknya untuk bekerja sama dengan orang lain yang menggeluti bisnis serupa. Tentunya, Anda harus mengetahui dengan pasti bahwa partner bisnis Anda ini adalah seseorang yang benar-benar dipercaya. Belajarlah darinya, sehingga Anda betul-betul paham kiat-kiat khusus yang harus Anda lakukan.

2. Jika modal awal yang dimiliki cukup minim, ada baiknya jika Anda bekerja sama dengan seorang teman, dengan sistem bagi hasil.

3. Jika modal yang Anda miliki cukup besar, akan lebih baik untuk memulai bisnis Anda sendiri, tentunya, jika pengalaman yang Anda miliki juga sudah cukup matang.

Selain cara-cara diatas, adapula tips-tips yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai bisnis hewan kurban ini, antara lain:

1. Akan lebih baik jika jenis hewan kurban yang Anda miliki cukup beragam, dari yang berkualitas rendah hingga yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan para konsumen sesuai dengan minat dan finansial mereka.

2. Jika Anda tidak yakin untuk memulai bisnis sendiri, akan lebih baik untuk mencari partner usaha yang lebih berpengalaman dalam bisnis hewan kurban.

3. Carilah lokasi yang strategis untuk berjualan. Memang, Anda harus mengeluarkan modal tambahan, namun, keuntungan yang Anda dapatkan juga akan berlipat.

4. Manfaatkan media di sekitar Anda untuk berpromosi, misalnya internet. Selain itu, ada baiknya juga untuk memesan brosur, banner atau pamflet.

5. Tentunya, pelayanan maksimal harus diutamakan. Bahkan jika diperlukan, berikan layanan tambahan misalnya paket bonus atau free delivery service.

Hal yang jangan sampai Anda lewatkan adalah menganalisa kebutuhan Anda terkait dengan modal, terutama mengenai budget untuk membeli hewan kurban, menyewa tempat, kandang sementara, makan minuman hewan, karyawan, listrik, dsb. Sebagai contoh:

Sewa tempat                           : Rp. 1.000.000

Kandang                                   : Rp. 1.000.000

Pakan                                        : Rp.   600.000

Pegawai (1 orang)                : Rp.    500.000

Listrik                                       : Rp.    500.000

Total                                         : Rp. 3.600.000 (belum termasuk hewan kurban)

Nah, apakah Anda berminat untuk memulai bisnis hewan kurban?

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *