Teropong Bisnis | Homepage
Tips Bebas Hutang

Tips Bebas Hutang

0 Comments 🕔12.Apr 2013

Dalam hidup ini manusia memang selalu dihadapkan oleh berbagai masalah. Masalah yang datang juga sangat beragam mulai dari masalah sosial hingga masalah ekonomi. Pada dasarnya semua masalah memang saling terkait. Bahkan untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu setiap orang membutuhkan uang. Hal inilah yang membuat sebagian orang terlilit hutang. Jadi hutang sebenarnya muncul bukan hanya karena kebiasaan hidup yang konsumtif. Ketidakmampuan seseorang untuk menyelesaikan sesuatu terkadang juga menjadi penyebab munculnya hutang.

Jika ditanya tentunya tidak ada satu orangpun yang ingin terjerat hutang, terlebih dalam kehidupan bisnis. Akan tetapi kondisi di lapangan terkadang memaksa seseorang untuk berhutang. Sebenarnya ada beberapa cara agar siapa saja bisa terhindar dari hutang. Untuk membantu mereka yang tidak ingin terjerat hutang, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Meningkatkan Ilmu dan Mengubah Pola Pikir

Terkadang hutang muncul karena ketidaktahuan seseorang akan resiko dari hutang ataupun karena ketidakmampuan seseorang untuk menyelesaikan suatu permasalahan sehingga mengharuskannya untuk mengeluarkan uang guna membantunya dalam menyelesaikan masalah itu. Salah satu kasus yang terkadang bisa menjadi pemicu munculnya hutang adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengelola keuangan. Selain itu kebiasaan yang terlalu mudah mengeluarkan uang juga membuat seseorang tidak mampu menabung. Padahal menabung juga bermanfaat untuk mengatasi masalah yang datang secara tiba-tiba.

Agar bisa menjadi pribadi yang bebas hutang, seseorang juga harus memiliki paradigma dan cara berpikir yang tidak dapat mentolerir hutang. Berhutang sama dengan menggadaikan masa depan. Hutang sebenarnya merupakan kemudahan dan kesenangan instan. Dibelakang itu semua, masalah akan segera muncul yang tentunya akan mengganggu kehidupan masa depan. Berpikir secara pragmatis juga akan menunjang seseorang untuk lebih teliti dan hati-hati dalam mengatur keuangannya.

Sebagai contoh adalah dalam kasus membeli kendaraan. Jika yang dibutuhkan hanyalah sarana transportasi pribadi yang mampu membawa dari satu titik ke titik yang lain, tentunya tidak perlu membeli mobil mewah. Agar mampu terbebas dari hutang, karakter penyabar juga harus dimiliki. Biasanya orang yang terlalu tergesa-gesa akan sangat mudah terjerumus dalam hutang. Karena itu, menyelesaikan masalah harus dilakukan dengan hati-hati, teliti dan juga sabar. Dalam dunia bisnis, pola pikir tersebut akan memberi dampak yang sangat serius.

Karakter Orang yang Bebas Hutang

Meski banyak orang yang mudah terjebak dalam hutang, ada juga tipe-tipe orang yang sangat sulit untuk tergiur dengan hutang. Beberapa orang tersebut adalah orang yang detail dan selalu perhitungan dalam mengelola keuangannya, orang yang tidak gila belanja dan orang yang tidak materialistis. Orang yang selalu mendandalkan diri sendiri juga relatif terhindar dari hutang. Orang semacam ini biasanya akan berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Bahkan mereka rela hidup sederhana demi menjamin masa depannya sendiri. Mereka yang sadar akan tanggung jawab pribadi juga cenderung menolak untuk membuat alasan untuk berhutang. Setiap hal yang ia alami akan ia pertanggung jawabkan. Bahkan saat kesulitan keuangan ia juga akan bertanggung jawab dengan menyelesaikan masalah itu sendiri, salah satunya adalah dengan menyiapkan dana darurat.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *