Teropong Bisnis | Homepage
Tips Aman Berinvestasi Dari OJK

Tips Aman Berinvestasi Dari OJK

0 Comments 🕔02.Jan 2014

Investasi memang bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan bahkan besar. Anda hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk kemudian mendapatkan keuntungan per tahun. Namun, bukan berarti Anda harus percaya pada segala jenis investasi. Jangan asal percaya dengan iming-iming tingkat pengembalian keuntungan melebihi rata-rata.

Bisa jadi, investasi tersebut mengarah pada penipuan atau yang sering disebut dengan investasi bodong. Hal ini juga menjadi perhatian dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Gontor Riantori selaku Direktur Komunikasi dan Hubungan Internasional mengingatkan warga masyarakat untuk waspada terhadap pihak tertentu yang menawarkan investasi dengan jumlah pengembalian keuntungan yang di atas rata-rata.

Lalu, bagaimana cara mendeteksi investasi bodong dan investasi yang memang benar-benar memberikan keuntungan? Salah satu cara yang paling mudah untuk menentukan kebenaran investasi memang dengan cara membandingkan tingkat pengembalian keuntungan. Tingkat pengembalian keuntungan tersebut harus dibandingkan dengan tingkat di lembaga keuangan dan suku bunga perbankan.

Misalnya saja, tahun lalu nilai investasi tertinggi di Indonesia mencapai 10%. Setelah itu, ada beberapa pihak yang menawarkan investasi dengan tingkat pengembalian lebih dari 10% atau tetap 10% per bulan bahkan 120% per tahun. Jika dihitung, hasil tersebut akan tampak menggiurkan namun sebagai investor pemula, Anda patut mencurigai dan waspada terhadap penawaran tersebut.

investasi

Mewaspadai tingginya tingkat pengembalian keuntungan saja tidaklah cukup. Lebih lanjut lagi, Anda harus memperhatikan pula lembaga yang menawarkan investasi tersebut. Anda harus memastikan legalitas dan otoritas dari lembaga tersebut. Sangat penting juga untuk mengetahui pihak-pihak dibalik investasi tersebut.

Ada beberapa kasus investasi bodong dimana mereka bisa menunjukkan nomor izin yang lengkap. Untuk itu, Anda jangan langsung percaya dan cek terlebih dahulu validitasnya. Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi layanan pengaduan OJK dengan nomor 021 500 655. Dengan menghubungi nomor tersebut, Anda bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar lembaga yang menawarkan investasi tersebut.

Secara detail, Anda bisa bertanya apakah perusahaan yang mendatangi Anda tersebut memang benar-benar memiliki izin dari OJK. Jika tidak memiliki izin maka pihak OJK akan menjelaskan siapa yang akan memberikan izin kepada lembaga yang memberikan investasi tersebut secara legal. Dengan begitu, Anda bisa yakin bahwa lembaga tersebut bukanlah lembaga abal-abal.

Setidaknya, dengan menghubungi pihak OJK, Anda juga turut membantu dalam memberikan informasi yang benar. Jika terbukti investasi tersebut merupakan investasi bodong maka Anda wajib melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwenang seperti pihak kepolisian dan OJK. Nantinya, informasi dari Anda tersebut akan disebarkan oleh pihak OJK dan dibagikan pada forum satuan tugas waspada investasi.

 Forum satuan tugas waspada investasi tersebut beranggotakan aparat penegak hukum di seluruh Indonesia. Semoga tips dari Gontor ini berguna bagi Anda yang berencana untuk mengelola dana melalui investasi.

investasi

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *