Teropong Bisnis | Homepage
Tips Ajari Anak Menabung

Tips Ajari Anak Menabung

0 Comments 🕔21.Aug 2013

Dunia parenting memang sangat luas cakupannya. Salah satunya yang wajib dilakukan oleh orang tua khususnya  ibu adalah mengajari si buah hati menabung sejak kecil. Selain mengajari anak untuk berhidup hemat, menabung juga menjadi media pembelajaran bagi si anak untuk bisa mengatur keuangan yang didapatnya dengan baik. Selain itu, manfaat lainnya dari menabung adalah mengajarkan anak untuk meredam keinginannya untuk ‘jajan’ yang berlebihan. Agar anak mau menabung, beritahu keuntungan-keuntungan menabung. Atau juga bisa lakukan beberapa tips berikut.

Menabung Uang Kembalian

Uang kembalian dari membeli jajan bisa Anda minta dari si kecil untuk di tabung. Berapapun uang kembalian yang diterima, ajarkan buah hati Anda untuk menabungnya di tempat yang sudah disediakan. Anda juga bisa mengajarkannya untuk menabung 10 persen uang sakunya. Terapkan slogan menabung pada anak Anda, yaitu ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’.

Beri Pengertian Soal Menabung

Terkadang anak sulit untuk diajak biasa menabung. Maka dari itu, Anda bisa menyiasatinya dengan mengosongkan celengan anak Anda di rumah. Coba Anda lihat dan perhatikan apa reaksinya saat ia menemukan bahwa celengannya kosong. Pengertian lainnya yang bisa Anda berikan pada anak Anda adalah soal jumlah uang yang akan ditabung secara rutin. Saat tabungan menjadi banyak, ajak anak Anda mengecek  celengannya dan beritahu bahwa tabungannya kini sudah semakin banyak. Tentu anak akan menjadi senang saat mengetahui tabungannya kian bertambah dan ia pun akan termotivasi lagi untuk terus menabung.

tips-ajari-anak-menabung-2

Mulai Ajari Anak Menabung di Rumah

Mengajari anak menabung di rumah adalah ide yang bagus karena banyak anak-anak yang menganggap bank sebagai tempat mengambil uang tanpa mengembalikannya lagi. Tabungan di rumah bisa menggunakan celengan yang dijual di toko-toko, kaleng, toples plastik, dan tabung yang sudah didesain seperti celengan. Sebaiknya agar anak Anda semakin tertarik dengan menabung, gunakan celengan atau wadah yang transparan agar anak Anda dapat melihat perkembangan atau pertambahan uang tabungannya. Dengan begitu ia akan termotivasi untuk menabung dan menabung lagi.

Beri hadiah

Setelah celengan penuh dan uang tabungan diambil, beri anak Anda hadiah yang disukainya. Hadiah dibeli dari uang tabungan anak Anda. Gunakan uang tabungan anak Anda untuk membeli hadiah atau benda-benda kebutuhan si kecil. Misalnya saat ini si kecil ingin memiliki sepeda untuk sekolah, maka gunakan uang tabungan untuk membeli sepeda. Dengan cara ini si anak akan merasakan keuntungan yang didapat dari usahanya menyisihkan uangnya untuk ditabung secara langsung. Anda juga bisa memotivasinya kembali untuk menabung agar ia bisa membeli apa saja yang ia inginkan dari uang yang ia tabung. Bagaimana, menarik bukan? Silahkan Anda praktikan tips-tips ini.

 tips-anjai-anak-menabung

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *