Teropong Bisnis | Homepage
Tiga Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis

Tiga Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis

0 Comments 🕔17.Sep 2013

Menjalankan bisnis memang tidak mudah meskipun peluang untuk meraih sukses terbuka demikian lebar di dunia bisnis. Ada banyak risiko yang harus dihadapi oleh setiap pebisnis. Namun, setiap pebisnis pastinya akan berusaha keras untuk menghindari kegalan demi meraih sukses.

Akan tetapi, ada kalanya pebisnis harus menghadapi kegagalan bisnis yang tidak bisa dihindari. Tentu Anda tidak bisa menyerah begitu saja jika memang Anda mempunyai mimpi besar untuk meraih sukses di dunia bisnis. Anda harus tetap tegar dan mulai mengevaluasi kesalahan yang mungkin Anda buat sehingga bisnis Anda harus berakhir dengan kegagalan.

Dengan mengetahui letak kesalahan Anda yang menyebabkan kegagalan pada bisnis sebelumnya, Anda bisa memperbaiki diri untuk menjalankan bisnis Anda ke depan dengan lebih baik. Kegagalan dalam bisnis paling tidak disebabkan oleh tiga kesalahan fatal yang mungkin Anda lakukan. Kesalahan fatal tersebut adalah sebagai berikut.

Tiga Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis

1. Pemahaman Teknik Dasar Pemasaran yang Lemah

Anda bisa saja mempunyai produk yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat luas, tetapi Anda tidak mampu menjual produk tersebut dengan baik di pasaran sehingga target penjualan tidak tercapai. Hal ini bisa terjadi jika Anda mempunyai pemahaman akan teknik dasar pemasaran yang lemah.

Ada tiga hal dasar penting dalam pemasaran agar kegagalan bisnis bisa dihindari. Interrupt adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan perhatian target market misalnya dengan menggunakan iklan yang unik. Educate adalah hal dasar lain yang penting untuk memberikan infromasi yang jelas pada target market mengenai keunggulan produk. Offer perlu dilakukan dengan melakukan penawaran dan memotivasi target market untuk membeli produk.

2. Keterbatasan Sumber Dana

Tidak bisa dipungkiri bahwa masalah keterbatasan dana merupakan salah satu masalah yang seringkali menjadi hambatan terbesar terutama untuk UKM dan sering menyebabkan kegagalan bisnis. UKM dipaksa untuk mempertahankan angka penjualan atau roda usaha akan macet. Oleh karena itu, pebisnis harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan memperluas jaringan untuk meningkatkan penjualan.

3.  Kurangnya Kemampuan Managemen

Bisnis tanpa managemen yang baik pasti akan berakhir pada kegagalan. Oleh karena itu, Anda perlu menjalankan sistem dan strategi managemen yang tepat untuk menjalankan konsep pemasaran dengan baik tanpa melupakan prinsip pengelolaan dana yang terbatas agar lebh efisien. Anda bisa mencari sistem yang paling efektif dan efisien dengan tidak lupa melakukan pengembangan dan revisi untuk mendapatkan standar pelayanan terbaik.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *