Teropong Bisnis | Homepage
Tidak Percaya Diri, Syarat Utama Staf Penjualan Terbaik ala Barbara Corcoran

Tidak Percaya Diri, Syarat Utama Staf Penjualan Terbaik ala Barbara Corcoran

0 Comments 🕔04.Aug 2014

Ada banyak kategori yang digunakan untuk merekrut orang untuk bekerja di perusahaan Anda. Salah satunya adalah kepercayaan diri mereka. Orang dengan rasa percaya diri yang tinggi, seringkali menjadi salah satu pilihan utama. Namun, tidak demikian dengan Barbara Corcoran.

Barbara lebih suka merekrut orang yang tidak percaya diri. Hal ini bukannya tanpa alasan. Pengalaman Barbara sebagai seorang pebisnis dan merekrut banyak orang, membuatnya tahu pentingnya rasa tidak percaya diri ini.

Selama bertahun-tahun merekrut banyak orang, Barbara juga sering mengalami banyak masalah dan membuat kesalahan. Dari pengalaman ini, dia belajar untuk menemukan karakter penting dalam diri seseorang. Dan, dia menggunakan informasi ini untuk menentukan orang tersebut tepat atau tidak untuk direkrut.

Yang menarik, Barbara tidak terlalu memperhatikan resume yang dibawa oleh sang pencari pekerjaan.Dia beralasan, resume dapat menjadi penghalang dirinya untuk melihat kualitas sebenarnya dari orang tersebut. Dengan pengalamannya tersebut, dia juga berhasil menjadi seorang manajer sukses yang mempunyai staf penjualan paling kompeten.

Pertanyaan pentingnya adalah mengapa harus tidak percaya diri? Barbara mengungkapkan rasa percaya diri adalah karakter yang tidak dibutuhkan dalam staf penjualan. Barbara sendiri menggunakan 3 poin untuk merekrut seseorang.

Yang pertama adalah rasa tidak percaya diri. Bila ada pelamar yang masuk ke ruang wawancara dengan penuh percaya diri dan bahkan terkesan sombong, Barbara menyarankan agar tidak merekrut orang tersebut. Orang tersebut akan gagal.

Sepuluh staf penjualan terbaik Barbara adalah mereka yang datang kepadanya pada akhir tahun. Dan, mereka mengatakan tidak mengalami tahun sebaik tahun tersebut. Tetapi, mereka tidak percaya diri untuk berpikir bahwa hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Artinya, mereka mempunyai rasa untuk membuktikan diri lebih baik lagi.

Selain rasa tidak percaya diri, sikap positif juga diperlukan. Sikap positif sangat diperlukan untuk mengimbangi rasa tidak percaya diri orang tersebut.

Sikap positif dibutuhkan agar orang tersebut mampu untuk terus maju. Sikap ini yang menjadikan diri mereka lebih tangguh dari orang lain. Mengapa?

Staf penjualan adalah mereka yang berada di garis depan pemasaran perusahaan. Artinya, mereka akan lebih sering berhubungan dengan konsumen. Dan, selama mereka berhubungan dan berusaha menjual produk perusahaan, mereka akan mengalami berbagai masalah, penolakan bahkan diejek oleh orang.

Sikap positif ini sangat diperlukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Menurut Barbara, penjualan adalah seberapa sering Anda “dipukul” dan ditolak oleh konsumen. Orang yang berada di garis depan ini akan tampak seperti orang bodoh yang terus dikecewakan.

Meskipun kondisi ini sangat berat, dengan rasa tidak percaya diri dan sikap positif, mereka dapat bangkit dan tidak menyerah. Barbara menyebut orang dengan karakter seperti ini sebagai staf penjualan terbaik.

2.Tidak Percaya Diri, Syarat Utama Staf Penjualan Terbaik ala Barbara Corcoran 2

BACA JUGA:

Membangun Bisnis saat Masih Bekerja? Pasti Bisa!

Cukup 3 Langkah, Krisis Perusahaan Bukan Lagi Masalah

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *