Teropong Bisnis | Homepage
Terapkan Sistem Akuntansi Perusahaan Jasa yang Benar

Terapkan Sistem Akuntansi Perusahaan Jasa yang Benar

0 Comments 🕔04.Apr 2013

Ada banyak orang yang merasa kurang mampu mengendalikan usahanya tanpa menerapkan ilmu akuntansi. Ilmu akuntansi menjadi salah satu ilmu yang dibutuhkan untuk bisa memahami berbagai macam masalah dan solusi dalam masalah keuangan dan pendanaan. Ilmu akuntansi biasanya diajarkan di sekolah dan akademi untuk mendidik para calon akuntan menjadi lebih paham dan memahami tentang berbagai macam masalah dan strategi keuangan yang baik untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan yang menguasai ilmu akuntansi karena pentingnya cabang ilmu ini untuk kelangsungan bisnisnya.

Setiap jenis perusahaan membutuhkan sistem akuntansi yang berbeda-beda. Sistem akuntansi yang tepat akan membawa kesuksesan dan keuntungan yang melimpah untuk perusahaan Anda. Sebagai salah satu jenis perusahaan yang banyak dijalankan oleh masyarakat, perusahaan jasa memiliki sistem akuntansi yang harus diterapkan secara benar agar bisa memberikan dampak yang baik untuk perusahaan tersebut.

Tahapan Pencatatan Akutansi Pada Perusahaan Jasa

Untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik, Anda harus terlebih dahulu memahami arti dari perusahaan jasa. Perusahaan jasa adalah suatu perusahaan yang semua usahanya dilakukan untuk mendapatkan penghasilan atau pemasukan dengan cara memberikan pelayanan jasa kepada konsumen. Banyak perusahaan yang membutuhkan pakar akuntansi yang memiliki pengetahuan lebih tentang sistem akuntansi yang cocok dengan perusahaan mereka.

Adapun tahapan dari pencatatan akuntansi pada perusahaan jasa yang pertama adalah mengumpulkan sumber bukti pencatatan. Bukti pencatatan berupa faktur, kuitansi, nota, nota debet, nota kredit, cek dan berbagai bukti pembayaran dan pemesanan yang ada. Tahap selanjutnya adalah melakukan analisis bukti transaksi yang sudah tersedia sebelumnya. Dengan menganalisis bukti transaksi Anda akan bisa mengetahui efek dari pembelian yang dilakukan untuk kelangsungan perusahaan Anda. Anda juga akan bisa menentukan jumlah harta yang harus Anda debet ataupun Anda kreditkan. Hal ini akan membantu kelancaran tahapan selanjutnya dari pencatatan akuntansi pada perusahaan jasa ini.

Lebih Aman dengan Pencatatan yang Benar

Setelah membuat analisis pada bukti transaksi yang ada, Anda bisa mulai mencatatkan bukti-bukti tersebut ke dalam jurnal yang ada. Jurnal diperlukan untuk mencatat segala jenis transaksi yang dilakukan oleh perusahaan secara kronologis sehingga dapat dipantau dan dicari dengan mudah. Ada beberapa jenis jurnal yang biasa dibuat untuk mendukung pengaturan keuangan perusahaan jasa yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Setiap jenis jurnal ini akan menyediakan informasi dan catatan transaksi perusahaan secara terperinci.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan semua bukti transaksi yang di dalam jurnal ke dalam buku besar atau ledger. Ada beberapa bentuk buku besar yang biasa digunakan oleh perusahaan jasa. Bentuk T, Skontro dan Staffel adalah bentuk-bentuk dari buku besar yang banyak digunakan oleh perusahaan jasa. Dengan memposting data transaksi dengan benar pada ledger, Anda akan bisa mendapatkan pencatatan akuntansi yang tepat dan jelas.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *