Teropong Bisnis | Homepage
Taktik Cerdas Dapatkan Loyalitas Pelanggan

Taktik Cerdas Dapatkan Loyalitas Pelanggan

0 Comments 🕔14.Feb 2014

Jika berbicara soal bisnis, erat kaitanya dengan beberapa hal. Salah satunya adalah pelanggan. Meski penjualan sangat berperan penting bagi kelangsungan sebuah bisnis/ usaha, namun peran pelanggan juga tak kalah pentingnya dengan penjualan. Penjualan suatu produk atau jasa dapat dikatakan sukses jika banyak pelanggan yang membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Loyalitas pelanggan menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis Anda. Loyalitas pelanggan merupakan terjalinnya hubungan yang kuat dan loyal para pembeli pada bisnis Anda. Anda yang memiliki produk pastinya menginginkan adanya banyak pembeli yang membeli lagi dan lagi produk Anda. Pembeli yang terus membeli produk Anda ini disebut pelanggan. Meski pelanggan Anda terhitung sangat banyak, namun tak akan ada artinya jika loyalitas atau kesetiaannya kecil. Kesetiaan pelanggan inilah yang paling penting untuk bisnis Anda. Untuk menjaga loyalitas pelanggan Anda, berikut ini ada beberapa taktik yang bisa Anda aplikasikan.

Buat Pelanggan Anda Tahu Apa Yang Anda Lakukan Untuk Mereka

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan newsletter yang Anda kirimkan pada semua pelanggan Anda. Atau bila Anda ingin menggunakan cara yang sedikit tidak formal juga boleh. Misalnya dengan cara melakukan panggilan telepon pada pelanggan-pelanggan Anda. Apapun taktik yang Anda jalankan, hanya satu kuncinya yaitu tunjukan pada para pelanggan Anda bahwa Anda siap berikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Buatlah Prioritas Hubungan

Perlu Anda ketahui bahwa pelanggan lebih sensitif bila Anda memanfaatkan mereka hanya untuk tujuan bisnis Anda saja. Untuk menghilangkan asumsi tersebut, penting bagi Anda untuk menjalin kedekatan dengan para pelanggan Anda. Perlakukan pelanggan Anda layaknya raja atau orang penting. Saat hubungan atau kedekatan dengan pelanggan sudah terjalin, para pelanggan Anda akan merasakan bahwa Anda memiliki kepentingan yang terbaik untuk mereka.

loyalitas pelanggan, bisnis, tips usaha, konsumen

Buatlah Pelanggan Percaya Dan Bersikap Konsisten

Pelanggan akan setia dengan Anda jika mereka sudah memiliki kepercayaan terhadap Anda. Sikap loyalitas ini akan muncul dengan sendirinya seiring dengan perilaku bisnis Anda. Jika perilaku bisnis Anda tidak konsisten, kemungkinan besar banyak pelanggan yang akan menghindar.

Profesional

Para pelanggan akan merasa senang berbisnis dengan Anda yang serius menjalin hubungan dengan para pelanggan. Selain itu, pelanggan juga akan jauh lebih tertarik dengan Anda yang begitu paham dan menguasai materi produk/ jasa, indutri, dan cara kerja bisnis Anda sendiri.

Jalin Komunikasi Secara Personal Dan Nyata Dengan Pelanggan

Saat bertemu dengan pelanggan, tak melulu diajak berbincang seputar produk, penjualan, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis. Anda bisa membuka percakapan dengan pelanggan seputar info-info ringan yang saat ini sedang tren.

Integritas Kerja Itu Sangat Penting

Jangan pernah ragu untuk mengambil keputusan  dan sikap. Memberikan pemahaman dan melakukan kewajiban utama pada pelanggan  adalah bentuk pelayanan  terbaik yang bisa Anda berikan pada pelanggan Anda. ini adalah bentuk integritas Anda saat bekerja.

loyalitas pelanggan, bisnis, tips usaha, konsumen

BACA JUGA:

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *