Teropong Bisnis | Homepage
Strategi Meyakinkan Konsumen

Strategi Meyakinkan Konsumen

0 Comments 🕔21.Apr 2013

Memang benar dibutuhkan strategi khusus untuk meyakinkan dan menarik konsumen yang notabene sulit tertarik dengan produk yang sedang Anda promosikan. Terkadang ada sejumlah konsumen yang tampaknya kurang atau bahkan tidak tertarik dengan produk yang belum pernah mereka coba. Padahal secangkir kopi Starbucks yang harganya cukup mahal, misalnya, sangat diminati oleh sejumlah pecinta kopi dibandingkan dengan produk kopi lainnya.

Hal ini sebagai bukti bahwa Starbucks berhasil meyakinkan para konsumen bahwa produk kopinya memang layak dibeli dan dinikmati. Jika Anda menginginkan bisnis Anda sukses seperti Starbucks, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mampu meyakinkan para konsumen Anda  untuk mencoba produk bisnis Anda. Strategi apa saja yang perlu Anda terapkan untuk meyakinkan para konsumen untuk mencoba produk Anda? Berikut ini adalah jawabannya.

Strategi 1: Bangun Image

Strategi yang pertama adalah membangun image. Dalam menjalankan sebuah bisnis terutama bisnis baru yang masih berskala kecil atau menengah, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membangun image. Image di sini tidak hanya difokuskan pada perusahaan Anda, melainkan juga pada produk Anda. Image yang menarik  akan mampu menciptakan reputasi yang baik bagi perusahaan Anda. Produk-produk yang Anda hasilkan sebaiknya memiliki kelebihan-kelebihan yang secara psikologis mempu mengambil hati para kosumen.

Agar banyak konsumen yang kenal dan tahu tentang produk Anda, Anda perlu melakukan pengenalan dan promosi yang menarik. Tujuan promosi ini adalah untuk menjaring minat konsumen sebanyak-banyaknya serta agar para konsumen merasa yakin akan produk yang sedang Anda prosmosikan. Jika jumlah konsumen yang yakin dengan produk Anda semakin banyak, maka permintaan konsumen akan produk Anda pun akan meningkat dengan sendirinya. Kesempatan ini kemudian bisa Anda gunakan untuk melakukan penjualan sebanyak-banyaknya.

Strategi 2: Menjaga Kualitas Produk

Strategi meyakinkan konsumen yang kedua adalah tetap menjaga kualitas produk. Image dan reputasi yang baik ternyata belum cukup dijadikan sebagai indikator suksesnya strategi meyakinkan konsumen. Anda perlu meningkatkan kualitas produk yang Anda hasilkan saat banyak konsumen mulai tertarik dan yakin dengan produk Anda.

Sebagian besar konsumen akan menilai dan menguji kualitas produk Anda setelah mereka tertarik untuk menggunakannya. Dan umumnya para konsumen menginginkan kualitas  produk yang sama seperti kualitas produk pertama mereka kenal.

Strategi 3: Testimoni

Kemudian strategi meyakinkan konsumen yang ketiga adalah testimoni. Biasanya strategi ini sering digunakan oleh mererka para pelaku bisnis rumah makan. Testimoni disuguhkan melalui dokumen-dokumen visual seperti foto dan tulisan positif dari sejumlah orang terkenal seperti selebritis, seniman, pejabat, dan sebagainya yang pernah datang dan mencicipi hidangan rumah makan tersebut.

Anda pun bisa mengaplikasikan cara ini jika Anda berminat. Dengan mempraktikan satu per satu strategi di atas, pastinya bisnis Anda dapat tumbuh besar dan berkembang dengan cepat.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *