Teropong Bisnis | Homepage
Strategi Belanja Masyarakat

Strategi Belanja Masyarakat

0 Comments 🕔03.Sep 2013

Kita semua tahu bahwa Rupiah saat ini memang sedang melemah. Diprediksikan melemahnya Rupiah masih akan terjadi sampai awal tahun depan. Apalagi Indonesia juga sedang menghadapi masa Pemilu tahun depan. Pemilu akan sedikit banyak berdampak pada kondisi dalam negeri dan akhirnya akan berdampak pada nilai tukar Rupiah juga.

Melemahnya Rupiah ternyata tidak hanya memberikan dampak yang negatif bagi banyak industri dalam negeri. Kita juga mengetahui ada beberapa industri yang merangkak naik setelah Rupiah melemah. Industri yang akan sangat diuntungkan adalah industri pariwisata, karet, kelapa sawit dan beberapa industri lainnya. Lalu bagaimana dengan minat belanja masyarakat setelah dolar menguat?

Pilih Produk Lokal

Ternyata melemahnya nilai tukar Rupiah secara langsung memberikan dampak yang sangat positif bagi produk lokal dan industri barang dalam negeri. Ketika nilai tukar Rupiah melemah tentu saja harga barang-barang yang diimpor dari luar negeri akan sangat mahal. Oleh karena itu masyarakat akan memilih membeli produk lokal saja yang harganya jauh lebih rendah.

Ini tentu akan memberikan angin segar bagi para pengusaha dalam negeri. Mereka bisa menaikkan ekspor ke luar negeri dan tentu saja keuntungan jauh lebih besar karena bahan baku dan pegawainya dibayar dengan Rupiah bukan dengan Dolar. Karena harga bahan baku dari produk lokal yang terjangkau tentu saja produksi produk lokal akan semakin meningkat juga waktu ke waktu.

Ekspor produk lokal ke luar negeri sebenarnya bisa membuat industri produk lokal dan perekonomian Indonesia tidak terlalu terpuruk dengan adanya kenyataan melemahnya Rupiah saat ini. Pemerintah memang harus mendukung produksi produk lokal sehingga akan memberikan tambahan devisa dan mengangkat ekonomi Indonesia.

4.b Strategi Belanja Masyarakat

Kiat Masyarakat

Lalu bagaimana dengan masyarakat kita sekarang ini? Mereka banyak yang bingung karena Rupiah yang semakin melemah. Sebenarnya mereka tidak perlu bingung. Mereka hanya perlu tahu kiat-kiatnya dalam mengelola uang mereka secara maksimal. Mereka akan bisa menghemat uang mereka dengan cara membeli produk-produk yang bahan bakunya lokal.

Produk yang bahan bakunya lokal cenderung tidak naik. Ibu-ibu juga tidak perlu khawatir karena harga cabai, bawang merah dan beberapa komoditas tidak akan naik asalkan komoditas tersebut berasal dari dalam negeri. Sedangkan pengusaha tahu dan tempe sepertinya memang harus bersabar karena harga bahan baku kedelai yang memang harus diimpor dari luar negeri cenderung naik.

Kiat masyarakat yang harus bisa memilah mana barang yang seharusnya dibeli saat ini dan tidak dibeli. Saat ini barang-barang elektronik dari luar negeri juga cenderung mengalami kenaikan harga yang sangat tinggi. Hal ini tentu membuat anda harus berfikir dua atau tiga kali untuk membeli barang elektronik di masa Rupiah yang semakin melemah. Anda bisa memilih produk buatan dalam negeri jika anda mau mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

4.5 Strategi Belanja Masyarakat

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *