Teropong Bisnis | Homepage
Sistem Penggajian yang Adil Untuk Karyawan

Sistem Penggajian yang Adil Untuk Karyawan

0 Comments 🕔03.Apr 2013

Memiliki suatu perusahaan memang membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang berbagai macam hal. Karyawan merupakan salah satu pion penting dalam menjalankan sebuah perusahaan. Untuk memberikan kepuasan kepada para karyawan yang penting ini, pemilik perusahaan harus bisa menerapkan sistem penggajian yang adil dan baik untuk. Sebenarnya sistem pembagian merupakan hal yang cukup sederhana dan bisa dibuat dengan mudah oleh para pemula. Walaupun begitu, seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak perubahan dan penambahan yang dilakukan sehinggan sistem ini menjadi lebih modern dan canggih.

Setiap tingkatan pekerja memiliki besaran gaji yang berbeda. Perbedaan gaji yang terjadi biasanya dibuat dengan perbandingan 1 : 5 atau perbandingan yang lain. Perbandingan ini maksudnya adalah saat karyawan pada tingkat yang rendah memiliki gaji Rp. 100.000,00 seminggu, maka petinggi perusahaan maksimal hanya boleh memiliki gaji sebesar Rp. 500.000,00 seminggunya. Perbandingan ini dirasa cukup adil dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan.

Sistem Penggajian Yang Adil Untuk Karyawan

Sistem Gaji Menurut Absensi

Untuk menentukan besaran gaji yang adil dan sesuai dengan kualitas kerjanya, para karyawan diharuskan menggunakan sistem absensi yang ada. Di masa yang lalu, sistem absensi di berbagai perusahaan hanya memerlukan jam dengan pencetak waktu dan kertas absensi yang harus dimasukkan ke dalam pencetak saat masuk dan juga pulang kerja. Walaupun jenis mesin absensi ini cukup kuno, namun sistem yang hemat ini masih tetap digunakan pada perusahaan dengan jumlah karyawan yang banyak dan lebih dari 100 orang.

Sistem Penggajian Yang Adil Untuk KaryawanJika perusahaan tersebut tidak memiliki karyawan yang terlalu banyak, mesin absensi yang lebih canggih akan digunakan untuk memantau kerajinan setiap karyawan dan membantu menentukan gaji yang pantas mereka dapatkan sesuai dengan kerajinannya. Sistem absensi yang terhubung dengan komputer akan lebih memudahkan penghitungan absensi dan membantu penentuan jumlah gaji setiap karyawan. Para karyawan HRD dan keuangan akan selalu memantau sistem kehadiran ini sehingga hasil gaji yang dikeluarkan oleh perusahaan tidak melebihi yang seharusnya.

Slip Gaji Penjelas Sistem Penggajian

Setelah semua data kehadiran para karyawan diperiksa kebenarannya, data tersebut akan diberikan kepada bagian HRD. Tahapan selanjutnya yaitu HRD akan menentukan besaran gaji dan pajak yang akan berbeda satu orang dengan lainnya. Kenaikan atau penurunan gaji juga akan ditentukan pada saat ini. Pembuatan slip gaji menjadi tahapan selanjutnya setelah proses ini. Saat pembagian gaji, para karyawan akan diberikan slip gaji yang akan menjelaskan tentang besaran gaji dan rincian dari berbagai macam penghasilan yang mereka dapatkan.

Sistem Penggajian Yang Adil Untuk Karyawan

Slip gaji yang telah ditandatangani dan diperiksa oleh Manajer HRD akan diperiksa kembali oleh bagian keuangan dan pimpinan perusahaan sebelum diberikan kepada para karyawan. Pemilik perusahaan akan memeriksa dan mengesahkan slip dan rincian gaji para karyawan. Jika sistem pemberian gaji dilakukan dengan transfer, pemimpin perusahaan akan memberikan cek atau mentransfer gaji ke rekening setiap karyawan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *