Teropong Bisnis | Homepage
Selembar Comment Card Dan Kesuksesan Usaha Anda

Selembar Comment Card Dan Kesuksesan Usaha Anda

0 Comments 🕔20.Jan 2014

Komunikasi tidak hanya menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan Anda. Dalam dunia bisnis, komunikasi memegang peranan penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Salah satu jenis komunikasi yang ada di bisnis adalah Relationship Marketing atau komunikasi dengan pelanggan Anda. Ada dua prinsip dalam komunikasi ini, yaitu saat Anda ingin membuat sesuatu yang unik pada usaha Anda dan saat Anda ingin mempertahankan pelanggan Anda.

Media yang dapat Anda gunakan dalam komunikasi tersebut, salah satunya adalah comment card. Mungkin Anda tidak terlalu memandang penting hal ini. Tetapi, kenyataannya, comment card dapat membantu berkembangnya usaha Anda.

Pelanggan biasanya tidak hanya menginginkan produk terbaik yang Anda tawarkan. Mereka juga memerlukan layanan-layanan lainnya, seperti layanan pengiriman, jaminan, dan lainnya. Jadi, kuncinya disini adalah Anda harus mengerti pelanggan Anda. Dan, comment carddapat membantu Anda untuk melakukan hal itu.

Comment card biasanya diberikan pada pelanggan yang membeli atau datang ke toko Anda. Nantinya, pelanggan Anda akan mengisi kartu ini dan memasukkannya kedalam kotak saran. Anda dapat membacanya untuk mendapatkan masukan, saran, kritik atau pujian dari pelanggan yang menyukai produk dan layanan Anda.

comment card, tips usaha, konsumen, bisnis

Bila Anda ingin membuat comment card untuk usaha Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda masukkan ke dalam kartu ini, seperti:

1.  Pertanyaan

Anda dapat memilih pertanyaan di comment card Anda secara bebas. Contohnya, bagaimana pendapat Anda mengenai kinerja toko kami hari ini?

Selain itu, bila Anda menyertakan comment card didalam produk Anda, sertakan juga amplop dan perangko untuk pelanggan Anda. Jadi, mereka dapat mengirim kartu ini kembali sebagai masukan untuk Anda.

2. Desain

Pastikan desain comment card Anda cukup sederhana agar mudah dibaca dan dipahami oleh pelanggan Anda. Sederhana disini termasuk jenis pertanyaan yang Anda cantumkan di comment card  Anda.

Selain itu, desain tampilan dari comment card Anda juga perlu diperhatikan. Pastikan tidak hanya menarik untuk dilihat. Comment card Anda juga harus mempunyai ruang yang cukup untuk menuliskan komentar dari pelanggan Anda. Selain itu, sediakan pula area untuk menuliskan data-data diri pelanggan Anda, bila mereka menginginkannya.

3.  Keterangan Anda

Masukkan juga informasi mengenai toko dimana comment card ini akan ditindaklanjuti. Anda juga dapat memasukkan check box agar lebih mudah menandai pelanggan yang dapat Anda hubungi.

4.  Ucapan Terima Kasih

Mungkin hal ini dipandang sepele. Tetapi, ucapan terima kasih, seperti “Terima Kasih atas saran dan partisipasi Anda mengisi kartu ini” dapat membuat pelanggan Anda merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik. Artinya, hal ini dapat meningkatkan citra toko Anda di mata pelanggan.

Dengan menggunakan comment card seperti yang disebutkan diatas, maka akan lebih mudah mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda. Artinya, Anda akan dapat memberikan mereka pelayanan terbaik Anda.

comment card, tips usaha, konsumen, bisnis

BACA JUGA:

4 Resep Membuat Promosi Kuliner Yang Lezat

5 Langkah Jitu untuk Mendapatkan Respon Positif Konsumen

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *