Teropong Bisnis | Homepage
Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

0 Comments 🕔28.Apr 2016

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan pemasaran mereka hingga ke negara lain. Artinya, peluang untuk mendapatkan konsumen lebih banyak dan keuntungan lebih besar juga bertambah. Dapat dikatakan, menjadi eksportir adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat Anda coba saat ini.

Menurut Toto Dirgantoro, Sekretaris Jenderal Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), peluang menjadi eksportir saat ini sangat menjanjikan. Hal ini disebabkan masih terbukanya pasar yang dapat Anda bidik. Banyak negara yang tidak mampu memenuhi kebutuhan negara mereka secara mandiri dan menggantungkan pada negara lain. Mereka inilah yang dapat menjadi target ekspor Anda.

Negara-negara ini akan mencari produk yang mereka butuhkan dari pelaku usaha di negara lain. Di sinilah peran para eksportir yang dapat menjadi penyedia barang tersebut. Dan mereka juga akan dapat mengeruk keuntungan dari hal ini.

Bukan hanya kesempatannya saja yang terbuka lebar. Untuk menjadi eskportir juga dapat dikatakan cukup mudah. Toto bahkan menyampaikan, bila Anda ingin mencoba peluang usaha ini, Anda tidak perlu berpikir terlalu rumit. Anda hanya perlu memutuskan tipe eksportir apa yang akan Anda pilih nanti.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis eksportir. Yang pertama adalah Anda menjadi eksportir dengan berperan sebagai produsen dari barang yang dibutuhkan konsumen dari negara lain.

Jenis yang pertama ini dapat dikatakan sebagai jenis yang paling rumit, sulit tetapi mampu menghasilkan keuntungan besar. Dikatakan sebagai yang paling sulit, karena modal yang dibutuhkan sangatlah besar. Anda tidak hanya perlu modal untuk membuat produk yang akan Anda ekspor. Anda juga akan membutuhkan modal banyak untuk pemasaran dan promosi ke konsumen luar negeri.

Jenis yang kedua adalah trader atau pedagang. Untuk jenis ini, Anda tidak perlu khawatir dengan proses produksi produk yang akan Anda ekspor. Anda hanya berperan sebagai penyalur dari produk yang dibuat oleh perusahaan lainnya.

Jenis yang kedua ini mirip dengan usaha dropshipping yang sedang populer dicoba banyak orang dengan cara online. Anda bertugas menjadi agen pemasaran untuk menjual produk dari orang lain, namun, bila dibandingkan dengan usaha dropshipping, menjadi eksportir jelas berskala lebih besar.

Menjadi eksportir jenis dua juga membutuhkan strategi terbaik untuk memasarkan produk yang Anda salurkan. Anda juga harus mempunyai banyak kanal dan jaringan untuk dapat memasarkan produk ini.

Mungkin dari sisi modal, tidak akan sebesar dari jenis yang pertama. Tetapi, dari sisi resiko dan tingkat kesulitan, terbilang sama dengan jenis yang pertama. Jadi, dengan peluang yang terbuka lebar saat ini, serta kemudahan untuk menjadi eksportir seperti yang disebutkan diatas, maka tidak ada salahnya bila Anda melirik usaha ini.

Menjadi Eskportir

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

Trik Memulai Bisnis Tanpa Rasa Takut

Trik Memulai Bisnis Tanpa Rasa Takut 0

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali tantangan yang harus Anda atasi sebelum memulai bisnis. Tidak

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *