Teropong Bisnis | Homepage
Sebelum Tergiur Warung Tenda

Sebelum Tergiur Warung Tenda

0 Comments 🕔12.Aug 2013

Sebelum-Tergiur-Warung-Tenda-2

Pemilihan Lokasi

Usaha warung tenda adalah sebuah usaha yang sangat mengandalkan lokasi. Jika pemilihan lokasi Anda salah, maka Anda seakan seperti membuang uang secara percuma. Ini dikarenakan, kemungkinan Anda gagal akan lebih besar daripada kemungkinan sukses Anda.

Ketika Anda menonton serial reality show dari Amerika Serikat, the Apprentice, Anda akan selalu mendengar Donald Trump mengatakan 3 hal terpenting dalam usaha adalah lokasi, lokasi dan lokasi. Sebagai seseorang yang luar biasa sukses, ia pastinya sudah memilih kisah tersendiri dalam keberhasilan dan kegagalan usaha karena lokasi.

Cara memilih lokasi yang tepat untuk Anda tidak sama dengan pemilihan lokasi yang tepat untuk orang lain karena setiap usaha memiliki unsur yang berbeda-beda. Jadi jangan anggap jika lokasi strategis Anda adalah lokasi strategis untuk usaha teman Anda.

Untuk mengetahui apakah suatu lokasi adalah lokasi yang tepat, maka sebaiknya Anda melihat dari jenis usaha Anda terlebih dahulu. Apakah lokasi tersebut akan sesuai dengan usaha Anda. Contohnya, Anda berkeinginan untuk membangun sebuah toko es krim, oleh karenanya janganlah Anda pilih daerah seperti puncak untuk memulai usaha Anda.

Anda juga harus jeli dalam melihat tingkat kestrategisan usaha Anda. Memang daerah Kemang sangatlah terkenal sebagai pusat kuliner dan warung tenda di malam hari. Namun demikian Anda tidak perlu memilih daerah tersebut dengan saingannya yang sudah ratusan ketika Anda memiliki lokasi lain di dekat perkantoran di mana para pekerjanya membutuhkan tempat hangout terdekat setelah jam kerja.

Perencanaan

Ada dua tipe warung tenda menurut jam bukanya. Ada warung tenda yang memulai usahanya di siang hari, namun ada pula yang beroperasional di malam hari. Untuk mengetahui warung tenda macam apa yang akan Anda bangun, maka Anda seharusnya memikirkan berbagai hal seperti jam buka jauh sebelumnya dengan melakukan perencanaan yang matang.

Perencanaan bisnis Anda akan meliputi banyak hal. Ini termasuk dengan pencarian supplier, target, harga makanan yang akan dijual, karyawan dan lain sebagainya. Membuka usaha membutuhkan modal yang pastinya lumayan besar jadi sebaiknya jangan Anda sia-siakan modal Anda tersebut. Jika Anda gegabah memulai sebuah usaha dan berharap akan berhasil, ketika gagal Anda akan menyesal karena tidak melakukan segalanya sebaik mungkin.

Dalam perencanaan, usahakan Anda membuat target secara terperinci dan berbagai strategi untuk mencapat target tersebut. Semakin terperinci rencana Anda, maka akan pula semakin mudah untuk diikuti di kemudian harinya. Jika Anda sudah membuka usaha Anda, maka Anda akan sangat sibuk dengan operasional untuk selalu memikirkan revisi atau penambahan berbagai hal yang ada dalam rencana usaha Anda.

Target dalam perencanaan akan membantu Anda menentukan arah jalan Anda. Dengan target tertentu, Anda akan mengetahui bagaimana perkembangan usaha Anda dan bagaimana usaha tersebut setelah memenuhi targetnya.

Sebelum-Tergiur-Warung-Tenda-3

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *