Teropong Bisnis | Homepage
Salah Satu Pendukung Kesuksesan Bisnis Anda

Salah Satu Pendukung Kesuksesan Bisnis Anda

0 Comments 🕔23.Dec 2013

Dengan menjamurnya bisnis di Indonesia, beberapa orang akhirnya tertarik untuk merintis bisnis. Walaupun begitu, Anda tidak boleh asal-asalan saat merintis bisnis. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka bisnis. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan prospek bisnis yang akan Anda jalankan, modal bisnis serta kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Lebih jauh lagi, Anda juga harus mempertimbangkan masalah-masalah yang akan muncul saat menjalankan bisnis tersebut. Untuk menyikapi hal tersebut di atas, banyak perusahaan besar yang menjalankan studi kelayakan bisnis terlebih dahulu. Studi kelayakan bisnis banyak digunakan karena sudah mencakup keseluruhan aspek dalam bisnis.

Dengan begitu, bisnis bisa dijalankan dengan baik bahkan risiko bisnis bisa ditekan. Salah satu aspek yang tercantum dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek hukum dan administrasi. Aspek ini berhubungan dengan legalitas bisnis Anda. Karena ini berhubungan dengan legalitas maka Anda harus memenuhi persyaratan administrasi dan peraturan tempat dimana Anda akan memulai bisnis tersebut.

Pastikan Anda sudah memiliki izin membuka bisnis, akta pendirian bisnis, dan legalitas bisnis lainnya. Selain aspek hukum dan administrasi, aspek lain yang masuk dalam studi kelayakan adalah aspek pasar dan pemasaran. Aspek ini tidak kalah pentingnya karena sangat terkait dengan potensi laku tidaknya produk Anda saat ditawarkan kepada pembeli.

sukses bisnis

Nantinya, Anda akan menganalisa mengenai potensi pasar, kebutuhan pasar, daya beli konsumen, serta strategi pemasaran yang tepat. Ada pula aspek sosial ekonomi dan budaya. Aspek ini akan menilai sejauh mana dampak bisnis yang Anda jalankan terhadap lingkungan sekitar seperti kehidupan sosial, pemasukan masyarakat, bahkan budaya masyarakat di sekitar tempat bisnis Anda.

Analisa ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Lalu, aspek teknis dan teknologi juga penting dalam studi ini khususnya sebelum menjalankan bisnis. Aspek ini sangat berhubungan dengan cara memilih lokasi bisnis, peralatan, teknologi, mesin, ruangan, kapasitas produksi, dan jalur produksi.

Jika aspek ini dianalisa dengan baik maka bisnis Anda akan berjalan dengan lancar. 2 aspek lain yang tercantum dalam studi kelayakan bisnis adalah aspek manajemen dan aspek keuangan. Aspek manajemen berhubungan dengan manajerial dan operasional bisnis yang Anda jalankan. Sedangkan aspek keuangan berkaitan dengan sumber dana bisnis, pengembalian modal termasuk risiko bisnis.

Selain itu, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan Melakukan identifikasi yang meliputi perincian perkiraan peluang dan hambatan bisnis yang akan Anda jalankan. Kemudian lakukan perumusan yaitu dengan membuat kesimpulan dari analisa yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Lakukan juga penilaian dengan melakukan analisa aspek pasar. Terakhir, lakukan pemilihan dan implementasi dimana Anda melakukan pemilihan solusi saat terjadi masalah atau keterbatasan pada bisnis Anda. Setelah itu, barulah mengimplementasikan bisnis yang sudah Anda rencanakan tersebut di atas.

Memang terlihat sangat rumit tapi dengan menjalankan satu per satu, pastinya bisnis Anda akan lebih lancar. Kalaupun ada kendala Anda bisa menyelesaikan dengan baik dan benar.

sukses bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *