Teropong Bisnis | Homepage
Resep Pemimpin Sejati Ala Ignasius Jonan

Resep Pemimpin Sejati Ala Ignasius Jonan

0 Comments 🕔05.Jul 2014

Perusahaan dapat diibaratkan sebagai sebuah organisme. Didalamnya terdapat banyak bagian yang saling berkaitan dan membutuhkan. Karena banyaknya bagian ini, dibutuhkan otak dan jantung yang dapat menjaga kelangsungan hidup organisme ini. Dan, pada perusahaan, seorang pemimpin  sejati yang berperan sebagai otak dan jantung ini.

Pertanyaan pentingnya, bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik? Menurut CEO PT KAI (Persero), Ignasius Jonan, yang paling penting adalah kemampuan memimpin. Bila mempunyai kemampuan memimpin yang baik, maka dapat dipastikan orang tersebut adalah pemimpin yang baik pula.

Untuk mendapatkan kemampuan memimpin ini, menurut Jonan ada 2 hal yang diperlukan. Kedua hal tersebut adalah bakat dan pengalaman. Yang terpenting, kedua hal ini tidak akan didapatkan melalui sekolah atau dari buku-buku manajemen SDM dan lainnya.

Johan mengatakan, orang pintar belum tentu dapat memimpin banyak orang atau sebuah tim hingga menghasilkan perubahan yang baik. Bakat dibutuhkan disini. Dan, bila tidak ada bakat tersebut, maka sampai kapanpun orang tersebut tidak akan mampu memimpin. Banyak contoh dimana pemimpin sejati lahir dari perjalanan karirnya, sedangkan orang yang lulus sekolah kepemimpinan tidak mampu memimpin seperti orang tersebut.

Jonan mengungkapkan, bila dilihat dari teori kepemimpinan, ada dua macam pemimpin. Yang pertama adalah process oriented, yaitu pemimpin yang berpegang teguh pada proses untuk mencapai sesuatu. Yang kedua adalah result oriented, atau pemimpin yang mengutamakan hasil yang bisa didapat.

Jonan mengaku bahwa dirinya adalah pemimpin yang dengan tipe yang kedua, yaitu result oriented. Dia hanya ingin mendapatkan hasil yang terbaik, asalkan proses mendapatkannya tidak ilegal dan tidak melanggar etika.

Mungkin terdengar tidak sesuai dengan paradigma yang berkembang saat ini. Banyak orang berpikir bahwa, proses merupakan hal yang terpenting. Namun, Jonan memberi alasan, proses untuk mendapatkan hasil yang terbaik ini dilakukan pada saat sekolah atau kuliah. Pada saat itu, kesalahan yang Anda buat dapat dimaafkan, Anda mendapatkan kesempatan lagi dan Anda membayar untuk hal itu.

Sedangkan pemimpin dengan tipe result oriented, menurut Jonan sesuai dengan kerja di dunia nyata. Anda dibayar untuk bekerja, oleh karena itu, pemimpin akan berharap hasil yang terbaik dari Anda. Hal inilah yang menjadi perbedaan besar dengan saat Anda sekolah dahulu.

Jonan mengaku gaya kepemimpinanya berbeda dengan banyak pemimpin lainnya. Dia lebih suka datang langsung ke lapangan dan melihat kenyataannya seperti apa. Dia tidak suka duduk di kantor menanti laporan datang. Cara ini juga dirasanya lebih efektif dalam menjalankan perusahaan yang dipimpinnya.

Apa yang disampaikan Jonan, Best BUMN CEO 2013 ini dapat Anda gunakan untuk menjadi seorang pemimpin sejati dan baik untuk perusahaan Anda. Dengan demikian, perusahaan maupun bisnis yang Anda bangun akan dapat berkembang dan sukses seperti yang Anda inginkan.

leadership, kepemimpinan, tips bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

Langkah Mudah Membangun Bisnis Pusat Kewirausahaan

Ubah Setting Sedikit, Pengalaman Pelanggan Memuaskan, Anda Mendapat Pelanggan Setia

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *