Teropong Bisnis | Homepage
Rencana Perusahaan, Rahasia Suksesnya Sebuah Perusahaan

Rencana Perusahaan, Rahasia Suksesnya Sebuah Perusahaan

0 Comments 🕔17.Jun 2014

Anda bosan menjadi seorang karyawan atau pegawai sebuah perusahaan? Anda ingin meningkatkan karir Anda dan mendapatkan penghasilan lebih? Pertanyaan ini, mungkin sering muncul di benak setiap karyawan yang Anda temui, termasuk Anda sendiri. Jawabannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memulai usaha Anda sendiri.

Namun, yang perlu diperhatikan, saat memulai usaha sendiri, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Dana, lokasi, peralatan, jaringan bisnis dan lainnya adalah sedikit dari banyak hal yang diperlukan untuk memulai bisnis. Karena itu, diperlukan sebuah rancangan untuk menggabungkan semua unsur ini menjadi satu institusi penghasil keuntungan, yaitu perusahaan. Anda memerlukan rencana perusahaan.

Rencana perusahaan adalah dasar yang menggambarkan semua visi dan misi bisnis Anda. Didalamnya juga terdapat filosofi Anda dalam berbisnis. Semua hal tersebut digabungkan dalam suatu rencana bisnis yang detail. Dan, Anda menggunakannya untuk memulai, memantau dan menjalankan bisnis Anda.

Dalam sebuah rencana perusahaan, terdapat 3 hal terpenting didalamnya. Ketiga hal tersebut adalah perencanaan operasional, perencanaan strategis dan pemantauan kinerja. Bila ketiga hal ini dapat direncanakan dan dijalankan dengan sempurna, maka, bisnis Anda akan berkembang dan sukses.

Dapat disimpulkan, sangatlah penting untuk membuat suatu rencana perusahaan, saat Anda memulai sebuah bisnis. Mengapa? Hal ini dikarenakan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari rancangan perusahaan Anda, seperti:

1. Lebih Baik

Menurut penelitian dan berbagai survey, perusahaan yang menggunakan rencana perusahaan yang tepat mempunyai nilai lebih baik daripada perusahaan yang tidak menggunakannya. Survei tahunan dari konsultan manajemen, Bain and Company juga menunjukkan hal ini. Mereka menemukan bahwa perusahaan dengan perencanaan yang detail dan strategis, mempunyai nilai lebih baik daripada sistem manajemen lainnya.

2. Jangka Waktu Perusahaan

Rencana perusahaan strategis merupakan penggambaran dari visi sebuah perusahaan yang diterapkan untuk jangka panjang. Biasanya, rencana ini dibuat untuk 5 atau 10 tahun ke depan. Dan, selalu dievaluasi ulang setiap jangka waktu ini habis.

Setiap tahunnya, akan ada pemantauan mengenai keberhasilan pengaplikasian rencana ini. Jadi, perusahaan akan lebih mudah mengevaluasi dan memperbaiki diri untuk kebutuhan pengembangan.

3. Penyelamat

Rencana perusahaan juga dapat menjadi penyelamat, saat terjadi krisis atau masalah besar pada perusahaan. Rencana perusahaan dapat menjadi dasar untuk mengatasi masalah tersebut.

Tetapi, bukan hanya masalah yang dapat diatasi disini. Saat ada peluang bisnis maupun kesempatan untuk berkembang, rencana perusahaan akan dapat membantu mempertahankan strategi bisnis yang digunakan. Atau bahkan, mengembangkan rencana tersebut untuk menjadi rencana yang lebih baik dan efektif.

Dapat dikatakan, rencana perusahaan merupakan inti terpenting sebuah perusahaan. Dengan perencanaan yang tepat, maka perusahaan akan dapat dimulai, berjalan, bertahan dan akhirnya sukses. Namun, dibutuhkan pula kerja keras semua aspek yang terlibat didalamnya.

rencana perusahaan, perusahaan, membangaun perusahaan, memulai bisnis, berwirausaha

BACA JUGA:

7 Jalan Mengikat Kepercayaan Pelanggan untuk Bisnis Online

5 Jurus Jitu Tingkatkan Kualitas SEO untuk Bisnis Anda

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *