Teropong Bisnis | Homepage
Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

0 Comments 🕔28.Apr 2016

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di satu negara berkembang dengan baik, maka akan banyak lapangan pekerjaan tersedia. Dan, hal ini akan meningkatkan kesejahteraan rakyat negara tersebut.

Agar UKM di sebuah negara dapat berkembang pesat, diperlukan modal untuk mengembangkannya. Lembaga keuangan negara tersebut akan berperan besar dalam penyediaan modal. Sayangnya, di Indonesia, hal ini masih jauh dari angan. Banyak masyarakat yang masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses ke lembaga keuangan di negara ini.

Menurut data yang ada, hanya 21,8% dari total populasi di negara ini yang mempunyai akses ke lembaga keuangan. Jumlah ini tentu tidak sesuai dengan yang dibutuhkan agar UKM di negara ini dapat berkembang dengan lebih pesat. Namun, hal ini juga menjadi perhatian Pemerintah.

Hal ini tampak dari rencana pemerintah untuk menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) yang akan mengatur mengenai akses ke lembaga keuangan ini. Menko Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, kebijakan ini akan dikeluarkan beberapa waktu mendatang.

Pemerintah juga sudah melangsungkan rapat kabinet terbatas untuk membahas mengenai kebijakan ini. Pada rapat ini, Pemerintah, Bank Indonesia (BI) serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah sepakat dan sependapat mengenai kebijakan baru ini. Darmin menjanjikan bila kebijakan ini akan keluar dalam waktu antara 2 hingga 3 minggu lagi.

Darmin mengatakan, kebijakan ini akan mengatur mengenai program sosialisasi dan regulasi untuk akses ke lembaga keuangan. Hal ini menurutnya sangat penting, karena salah satu faktor utama rendahnya jumlah masyarakat yang memiliki akses ini disebabkan karena ketidak tahuan mereka. Banyak dari mereka yang tidak paham proses untuk mendapatkan modal atau bantuan dari lembaga keuangan.

Program sosialisasi akan diberikan untuk memberikan informasi mengenai akses serta lembaga keuangan yang dapat digunakan. Sedangkan edukasi, digunakan agar masyarakat dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan baik dan benar.

Regulasi yang akan dikeluarkan ini juga mengatur mengenai fasilitas intermediasi serta distribusi untuk masyarakat. Selain itu, perlindungan konsumen dan beberapa aturan mengenai pemetaan informasi keuangan juga diatur didalamnya. Jadi, terbilang cukup lengkap untuk mengatur hal ini.

Selain itu, dalam regulasi baru ini, juga akan diatur mengenai program yang sudah siap dilaksanakan. Program ini meliputi bantuan sosial dan subsidi untuk para pelaku usaha secara non-tunai.

Darmian mengungkapkan sebenarnya regulasi dan program ini sudah dipersiapkan sejak 2 atau 3 tahun yang lalu. Tetapi, hingga sekarang, rencana tersebut belum pernah dilaksanakan. Dengan adanya regulasi baru ini, maka diharapkan rencana tersebut berhasil diwujudkan dan membawa dampak besar pada masyarakat.

Yang perlu kita lakukan saat ini hanya menunggu dan berharap bila regulasi ini benar-benar dapat diimplementasikan dengan baik. Dan, pada akhirnya, akses ke lembaga keuangan akan dapat diperoleh seluruh lapisan masyarakat.

Lembaga Keuangan

Similar Articles

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

Trik Memulai Bisnis Tanpa Rasa Takut

Trik Memulai Bisnis Tanpa Rasa Takut 0

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali tantangan yang harus Anda atasi sebelum memulai bisnis. Tidak

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *