Teropong Bisnis | Homepage
Rahasia Menjalankan Bisnis Tanpa Kesalahan untuk Pengusaha Pemula

Rahasia Menjalankan Bisnis Tanpa Kesalahan untuk Pengusaha Pemula

0 Comments 🕔19.Oct 2013

Menurut Kerrie MacPherson dari Harvard Business Review, banyak pengusaha pemula menjalankan sendiri usaha mereka. Mereka menjankan semua proses, mulai dari operasional, menghitung pemasukan sampai pemasaran.

Saat usaha sudah berkembang, anda harus rela menyerahkan beberapa tugas kepada beberapa orang yang benar-benar ahli. Dan, Anda hanya perlu fokus pada strategi bisnis anda.

Bicara memang lebih mudah daripada melakukan. Banyak perempuan yang kesulitan saat melakukan hal ini. Padahal, dengan melakukan pembagian tugas maka pemilik bisnis akan lebih mudah menyusun strategi untuk mengembangkan bisnisnya.

Sedangkan menurut Dr. Mary Jo Gorman dalam program EY Entrepreneurial Winning Women, kemampuan seorang wanita membangun tim yang solid adalah kunci sukses bisnis.

Menurut Gorman, banyak pebisnis perempuan yang melakukan kesalahan saat ini, seperti:

  1. Fokus teralihkan pada hal-hal kecil, sehingga hal-hal besar pada usaha mereka terabaikan.
  2. Mereka memutuskan untuk bekerja sendiri karena takut pikiran mereka tidak berkembang. Padahal, dengan membentuk tim, anda bisa mendapatkan masukan yang akan mengembangkan cara berpikir anda.
  3. Bekerja sendiri adalah zona nyaman mereka.

Untuk mengatasi kesalahan diatas, Anda sebagai pengusaha pemula bisa menerapkan beberapa tips berikut

  1. Pembagian Tugas

Anda perlu memutuskan hal apa yang ingin fokus anda kerjakan sendiri dan hal yang ingin anda tugaskan pada orang lain. Cara ini akan membuat usaha anda lebih mudah dijalani. Contohnya, bila Anda ingin fokus pada penjualan dan pemasaran, anda akan bisa menarik klien dan membangun jaringan yang lebih kuat dan luas di pasar.

  1. Perkembangan Bisnis

Bila Anda sudah memberikan beberapa tugas pada orang lain, Anda bisa fokus untuk mengembangkan bisnis anda menjadi lebih besar dan sukses.

  1. Petakan Tujuan

Anda perlu memetakan tujuan bisnis Anda. Dengan demikian, anda akan lebih mudah menyerahkan tugas bisnis anda pada tim yang anda pilih. Dan, hal ini akan dapat mempengaruhi hasil akhir.

  1. Pilih Orang Yang Tepat

Pilih SDM yang mempunyai kemampuan yang baik untuk didelegasikan pada tim di bisnis anda. SDM yang mempunyai kemampuan tidak akan membutuhkan pelatihan lagi. Dan, pilih juga SDM yang mempunyai visi dan misi besar untuk 3 atau 5 tahun ke depan.

  1.  Mengatur Ekspektasi

Saat memberikan posisi pada seseorang, jangan langsung memberikan posisi yang tinggi. Pilih posisi yang sesuai dengan kemampuan dan kinerja yang dimiliki oleh orang tersebut. Dengan demikian, anda bisa menghindari masalah. Karena, karyawan yang tidak kompeten akan mengganggu perkembangan bisnis anda di masa mendatang.

  1. Konsultan

Memiliki konsultan sangat diperlukan, khususnya untuk pengusaha pemula. Pilih konsultan atau tim penasehat yang dapat memberikan Anda masukan untuk membuat bisnis anda berjalan lebih baik. Dan juga, tim yang dapat memberikan masukan beharga saat ada sesuatu yang salah. Dengan demikian, bisnis anda akan dapat berkembang dan sukses.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *