Teropong Bisnis | Homepage
Rahasia Mempertahankan Bisnis Di Berbagai Kondisi

Rahasia Mempertahankan Bisnis Di Berbagai Kondisi

0 Comments 🕔13.May 2014

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi. Jika kondisi ekonomi baik maka bisnis bisa berkembang pesat. Sebaliknya, jika kondisi ekonomi memburuk maka bisnis Anda juga akan tersendat bahkan gulung tikar.

Tapi, ada pula bisnis yang bisa bertahan di segala kondisi ekonomi. Tentu saja, hal tersebut tidak mudah dan penuh perjuangan. Ada beberapa rahasia untuk mempertahankan bisnis. Rahasia pertama adalah mengetahui perubahan yang terjadi di masyarakat.

Beberapa bisnis tidak peka terhadap perubahan. Tidak heran jika bisnis yang Anda jalankan semakin menurun dan bahkan akhirnya harus ditutup karena merugi. Untuk itu, analisalah perubahan konsumen secara berkala.

Faktanya, dalam setahun saja perilaku konsumen bisa berubah-ubah beberapa kali. Umumnya, perubahan dipicu oleh hal-hal baru dan yang berbeda. Dengan mengetahui perubahan konsumen tentu saja Anda bisa memenuhi apa yang mereka inginkan sehingga bisnis bisa tetap bertahan.

Adakalanya justru dengan perubahan tersebut bisnis Anda bisa lebih berkembang dari sebelumnya. Analisa juga bisa dilakukan dengan cara menanyakan pada pembeli dan pelanggan Anda secara langsung.

Jika sudah, persiapkan dan tentukan apakah memang hal tersebut bisa Anda realisasikan. Beradaptasi bukanlah satu-satunya rahasia untuk mempertahankan bisnis. Cara lain adalah menggunakan tren teknologi terkini.

Saat ini, Anda bisa menggunakan berbagai media teknologi seperti twitter, email, facebook, sms, wa, forum online, dan lain sebagainya. Namun, hal ini tidak cukup khususnya untuk membangun kepercayaan.

Ada beberapa pembeli yang tidak terlalu percaya sebelum mereka tahu banyak mengenai toko online yang sedang dikunjungi. Untuk memenuhi hal tersebut, tidak ada salahnya untuk melakukan event khusus sehingga Anda bisa bertatap muka dengan pembeli dan pelanggan Anda.

Setidaknya, Anda juga bisa menanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jangan terlalu banyak berpikir mengenai strategi penjualan karena segala bentuk strategi akan percuma jika tidak dipraktekkan.

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda mulai bergerak untuk terus mempertahankan dan mengembangkannya. Tidak perlu berpikir rumit. Mulailah dengan sesuatu yang sederhana seperti menelepon pembeli atau pelanggan Anda untuk melakukan promosi.

Lakukan promosi dengan cara lainnya juga dengan penawaran yang menarik. Perlu Anda ketahui bahwa lebih dari semua penjelasan di atas, Anda harus berlaku jujur dan bertanggung jawab. Apalah artinya promo gencar dan penawaran menarik tapi ditanggapi dengan sikap Anda yang jujur dan bertanggung jawab.

Layanani pembeli dan pelanggan dengan baik. Kalaupun ada masalah atau komplain dari pembeli atau pelanggan hadapi dengan penuh tanggung jawab. Jangan sekali-kali justru lari dari tanggung jawab.

Dengan begitu, besar kemungkinan bisnis Anda akan tetap bertahan di segala kondisi. Intinya, jalankan rahasia untuk mempertahankan bisnis dengan benar lalu rasakan bedanya atau bandingkan dengan kompetitor yang tidak menggunakan rahasia ini.

2.Rahasia Mempertahankan Bisnis Di Berbagai Kondisi2

BACA JUGA:

8 Kunci Rahasia Mendirikan Tambang Keuntungan di Lokasi Bisnis Yang Tepat

5 Resep Praktis Mengatur Waktu dalam Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *