Teropong Bisnis | Homepage
Proses Transaksi yang Terbukti Dapat Mengembangkan Bisnis Anda

Proses Transaksi yang Terbukti Dapat Mengembangkan Bisnis Anda

0 Comments 🕔16.Dec 2013

Ada beberapa pebisnis khususnya pebisnis pemula yang mengeluhkan sulitnya menjual. Menurut mereka, sangat jarang terjadi closing pada proses transaksi bisnis mereka. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sedang mengalami hal yang sama? Jika ya, maka Anda harus menyimak dan mempraktekkan beberapa hal yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa beberapa pebisnis profesional yang sudah beromzet puluhan juta bahkan miliaran menyatakan bahwa penjualan juga adalah sebuah proses konsultasi. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam proses konsultasi tersebut. Sebagai pebisnis atau dalam hal ini penjual, Anda harus membantu pembeli Anda untuk menemukan masalah yang masih belum mereka temukan.

Berkomunikasilah 2 arah dengan pembeli Anda. Dalam hal ini, bukan Anda yang bercerita panjang lebar mengenai masalah yang ada dalam perusahaan atau bisnis Anda. Sebaliknya, biarkan pembeli Anda untuk membicarakan masalah mereka terkait dengan produk Anda. Dengan proses transaksi bisnis seperti ini, nantinya Anda akan dapat mengeksplorasi masalah tersebut.

Setelah itu, Anda bisa mulai melakukan analisa yang tepat dan bijak untuk menyelesaikan masalah pembeli Anda tersebut. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan terkait dengan cara yang dijelaskan di atas adalah dengan menjelaskan beberapa kemungkinan bagus yang tidak mereka tahu. Karena Anda sudah tahu masalah apa yang sebenarnya mereka hadapi, Anda bisa mulai membantu mereka.

proses transaksi bisnis

Tunjukkan beberapa hal yang mungkin akan menyelesaikan masalah tersebut. Anda bisa menenjelaskan pasar, teknologi yang baru, trenyang up to date yang memang berhubungan dengan solusi masalah yang mereka jelaskan tadi. Jangan anggap remeh hal-hal ini. Mungkin memang terlihat merepotkan, tapi rasakan sendiri perbedaannya khususnya untuk perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Ada hal yang mungkin agak aneh tapi layak Anda lakukan untuk perkembangan bisnis Anda. Jangan paksakan jika memang produk atau jasa Anda tidak sesuai dengan solusi pembeli. Justru, arahkan pembeli tersebut pada pihak lain yang sesuai dengan solusi masalah mereka. Walaupun ini sepertinya akan merugikan Anda dan menguntungkan pihak pesaing Anda, tapi rasakan keuntungannya di masa yang akan datang.

Setidaknya, Anda dan bisnis Anda akan memiliki reputasi yang bagus baik dari sisi pembeli atau juga dari sisi pebisnis lain. Hanya karena hal kecil ini, bukan tidak mungkin pembeli akan kembali lagi untuk membeli produk Anda yang lain. Mereka akan selalu mengingat reputasi baik tersebut. Di sisi lain, pebisnis lain juga akan melakukan hal yang sama yaitu dengan merekomendasikan bisnis Anda sebagai solusi alternatif.

Jika dipikirkan, proses transaksi bisnis dengan melakukan konsultasi ini tampaknya tidak akan menghasilkan sesuatu. Tapi, jelas Anda salah mengira dan justru cara ini terbukti berhasil meningkatkan penjualan bahkan pada akhirnya mengembangkan bisnis Anda secara signifikan.

proses transaksi bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *