Teropong Bisnis | Homepage
Produk Tidak Laku? Perhatikan 4 Faktor Berikut

Produk Tidak Laku? Perhatikan 4 Faktor Berikut

0 Comments 🕔17.Mar 2014

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses atau berkembangnya bisnis Anda. Salah satunya adalah produk atau layanan yang Anda tawarkan. Kualitas produk dan layanan Anda akan sangat berpengaruh pada masa depan bisnis Anda. Bila Anda mampu mempertahankan kualitas ini, maka bisnis Anda akan sukses.

Akan tetapi, banyak kasus dimana produk yang Anda tawarkan tidak menarik banyak konsumen. Padahal, kualitas produk dan layanan Anda dapat dikatakan yang terbaik. Bila hal ini terjadi, setidaknya ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan. 4 hal ini dapat menjadi penyebab utama, masalah produk tidak laku tersebut.

Standar Konsumen

Standar konsumen tidak dapat Anda tentukan. Mereka mempunyai spesifikasi tersendiri, mengenai produk yang ingin mereka beli. Biasanya, konsumen akan menggunakan harga, kualitas, tampilan dan desain produk untuk menentukan standar mereka.

Saat ini, standar konsumen sudah semakin tinggi. Hal ini dikarenakan semakin mudahnya informasi mereka dapatkan. Oleh karena itu, Anda harus mengantisipasinya dengan menyediakan produk dengan kualitas paling baik.

produk, tidak laku, faktor, tips, wirausaha

Mudah Dibuat

Hal ini mungkin terlihat sepele. Tetapi, produk yang mudah dibuat oleh konsumen seringkali gagal di pasar. Konsumen akan mempertimbangkan harga yang lebih murah, saat mereka membuat sendiri.

Yang perlu dilakukan adalah membuat sistem promosi dan pemasaran yang tepat. Dengan demikian, produk yang mudah dibuat ini akan tampak lebih baik dan menarik. Tentunya, konsumen akan tertarik untuk membelinya.

Diskon

Kasus produk tidak laku juga dapat terjadi karena tidak adanya diskon. Konsumen biasanya tertarik dengan penawaran diskon ini. Meskipun diskon yang Anda berikan tidak terlalu besar, Anda akan melihat dampak diskon terhadap penjualan produk Anda.

Jadi, jangan ragu untuk memberikan penawaran diskon, khususnya pada momen-momen khusus. Contohnya, Lebaran, Natal, Tahun Baru dan lainnya. Waktu-waktu tersebut adalah waktu dimana jumlah konsumen meningkat. Dengan diskon yang cukup besar pun, Anda tidak perlu khawatir akan merugi.

Penampilan Produk

Mungkin ada pepatah yang mengatakan, jangan nilai seseorang dari penampilan luarnya. Akan tetapi, didalam dunia bisnis, penampilan menjadi salah satu hal terpenting. Dengan menggunakan desain penampilan produk yang menarik, maka daya tarik produk ini juga akan besar. Dan, Anda akan mendapatkan banyak konsumen.

Banyak perusahaan besar yang bahkan mengeluarkan dana sangat banyak untuk faktor ini. Hal ini dikarenakan penampilan produk juga menjadi salah satu media promosi. Dengan memaksimalkan sisi ini, maka produk Anda akan lebih dikenal. Hasilnya, konsumen akan bertambah dan keuntungan berlipat ganda.

Dalam sebuah bisnis, evaluasi sangat dibutuhkan. Hal ini dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis. Dan, dengan 4 hal yang menyebabkan produk tidak laku diatas, setidaknya, Anda tahu faktor yang perlu perbaikan pada produk Anda. Tentunya, dengan memperbaiki faktor-faktor ini akan membawa manfaat banyak untuk bisnis Anda.

produk, tidak laku, faktor, tips, wirausaha

BACA JUGA:

6 Langkah Optimalkan Twitter untuk Bisnis

5 Pilar Memulai Usaha untuk Sukses Di Masa Depan

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *