Teropong Bisnis | Homepage
Pilih Pasar Tepat untuk Investasi Mantap

Pilih Pasar Tepat untuk Investasi Mantap

0 Comments 🕔18.Dec 2013

Investasi di pasar modal dapat memberikan Anda keuntungan sangat besar. Saham blue chips dapat menjadi pilihan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar tersebut. Akan tetapi, Anda perlu menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mendapatkan keuntungan.

Bila Anda tidak sabar, Anda dapat mencoba berinvestasi pada saham perusahaan-perusahaan kecil. Perusahaan-perusahaan ini dibedakan menurut 2 jenis pasar, yaitu frontier market dan emerging market.

Emerging markets adalah pasar yang berada di negara yang secara ekonomi kurang maju atau masih berkembang. Mereka memang masih dibawah ekonomi negara maju, seperti AS atau Jepang, tetapi, mereka masih dalam proses membangun ekonomi mereka. Investasi di perusahaan di pasar ini mempunyai resiko tinggi, tetapi keuntungan yang bisa didapat juga besar.

Frontier markets adalah pasar di negara yang bahkan berada di bawah negara dalam kelompok emerging market. Negara-negara ini bahkan tidak mempunyai pasar saham mereka sendiri. Jadi, dapat dikatakan frontier market adalah investasi paling beresiko di dunia. Investasi di pasar ini tidak disarankan bagi Anda yang masih baru memulai berinvestasi.

Bila dilihat dari penjabaran diatas, ada perbedaan besar antara emerging markets dan frontier markets. Emerging markets memiliki likuiditas dan stabilitas yang lebih baik. Bahkan, banyak ahli menyebut bahwa negara dalam emerging markets sudah bisa disejajarkan dengan negara-negara maju.

tips investasi

Frontier markets, meskipun terdengar sangat beresiko, akan tetapi secara bertahap mulai berkembang. Frontier markets akan menjadi tempat terbaik untuk berinvestasi jangka panjang dan mencari keuntungan. Modal dapat berasal dari sumber yang tidak berhubungan dengan ekonomi dunia.

Oleh karena itu, bila Anda ingin berinvestasi, Anda bisa memilih salah satu dari jenis perusahaan di kelompok pasar yang disebutkan diatas. Memang, ada untung ruginya yang perlu Anda ketahui.

Untuk frontier market, resiko yang didapat memang tinggi. Akan tetapi, jumlah negara atau perusahaan yang ada di pasar ini meliputi sepertiga dari populasi dunia. Meskipun perusahaan-perusahaan dan negara-negara tersebut tersusun kurang lebih 2% dari kapitalisasi global, tetapi banyak ekonom yakin bahwa ke depannya perusahaan di pasar ini akan berkembang. Bahkan, mereka memprediksi bahwa perekonomian negara-negara ini akan tumbuh pesat seperti AS dan Jepang.

Ekonom di Renaissance Capital bahkan memprediksi bahwa negara yang termasuk dalam frontier market di sub-Sahara, Afrika akan tumbuh sekitar 15 kali lipan dalam 35 tahun ke depan. Jadi, nilai perusahaan mereka bisa berubah dari $2 triliun menjadi $ 29 triliun.

Tapi, bila Anda ingin investasi dengan resiko rendah, perusahaan dalam emerging markets bisa menjadi pilihan. Anda dapat mencoba investasi jangka panjang di pasar ini untuk memperoleh keuntungan yang tinggi.

Jadi, pilih jenis investasi yang Anda inginkan. Emerging markets untuk negara yang berkembang di awal atau frontier market, dengan keunikannya dan keuntungan yang dijanjikan di masa mendatang.

tips investasi

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *