Teropong Bisnis | Homepage
Persiapkan Pensiun Dini Dengan Baik atau Menyesal

Persiapkan Pensiun Dini Dengan Baik atau Menyesal

🕔15.Nov 2013

Beberapa karyawan rupanya ingin mempersiapkan diri untuk pensiun dini. Bagaimana dengan Anda? Jika Anda memiliki niatan yang sama, maka persiapkan terlebih dahulu dana pensiun dini tersebut. cara satu caranya adalah melakukan investasi dana pensiun dini. Sebenarnya,ada beberapa investasi yang bisa Anda pilih untuk keperluan persiapan pensiun dini.

Menurut, Rheza Karyanto selaku Assistant Vice President Head of Investment Bancassurance dan Treasury Products Commonwealth Bank,karyawan memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan mereka yang memiliki usaha sendiri. Tentu saja, kelebihannya adalah karyawan memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Selain itu Anda juga memiliki tunjangan kesehatan dan bonus lainnya. Dengan keuntungan ini, Anda bisa menabung secara rutin dan mempergunakannya sebagai investasi dana pensiun dini Anda. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat melakukan investasi. Hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah berinvestasi secara teratur.

Caranya adalah dengan menyisihkan sekitar 10% hingga 30% gaji bulanan Anda untuk investasi. Presentase tersebut idealnya di luar tabungan biasa dan biaya hutang. Lakukan layaknya Anda memiliki kewajiban yang harus dibayarkan pertama kali saat mendapatkan gaji. Jika Anda ingin cara yang mudah, gunakan saja AutoInvest.

AutoInvest merupakan sebuah alat bantu yang sesuai untuk memudahkan proses investasi yang Anda lakukan. Kemudian, Anda juga harus memastikan bahwa investasi yang Anda lakukan ini aman. Kuncinya adalah merencanakan semuanya dengan baik dan dalam jangka waktu yang panjang. Godaan akan selalu datang tapi tentunya Anda tidak boleh mudah tergiur dengan berbagai tawaran investasi.

Pastikan Anda menghindari tawaran investasi yang tidak wajar seperti jaminan keuntungan yang besar dalam waktu yang sangat singkat. Salah satu contoh investasi yang harus Anda hindari adalah investasi skema Ponzi piramida. Jika ini pertama kalinya Anda berinvestasi maka jangan mengambil yang terlalu rumit seperti futures valas spekulasi, komoditas dan saham eksotik.

Selain investasi dengan cara yang aman, Anda juga harus memastikan bahwa Anda melakukan investasi dengan cara yang pintar. Ingatlah bahwa tujuan investasi ini adalah untuk mempersiapkan investasi dana pensiun dini. Perlu Anda tahu bahwa investasi juga bukan hanya melulu soal memutarkan uang tapi juga investasi berbentuk ilmu.

Jangan malas untuk mengikuti seminar, tranining atau pelatihan yang diberikan perusahaan khususnya soal investasi. Upgrade terus ilmu investasi Anda. Jangan cepat berpuas diri karena mendapatkan ilmu yang baru sedikit.

Dengan menambah ilmu pengetahuan mengenai investasi, setidaknya Anda dapat menentukan investasi mana yang sesuai dengan kondisi ekonomi Anda dan investasi mana yang belum bisa Anda jangkau. Ingatlah bahwa investasi juga memiliki risiko. Dengan adanya ilmu yang memadai, Anda bisa meminimalisir resiko dan dana pensiun dini Anda akan aman hingga saatnya nanti.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan