Teropong Bisnis | Homepage
Persiapkan Investasi Pendidikan Buah Hati Mulai Sekarang

Persiapkan Investasi Pendidikan Buah Hati Mulai Sekarang

0 Comments 🕔28.Nov 2013

Biaya pendidikan yang semakin mahal menjadikan Anda harus cermat dalam mengatur keuangan. Salah satunya adalah dengan melakukan investasi pendidikan. Namun, Anda tidak boleh memilih investasi dengan asal-asalan. Kemudian, siapkan dana pendidikan anak Anda tersebut sejak Anda hamil. Ligwina Poerwo-Hananto salah seorang financial planner menyatakan bahwa Anda harus memperkirakan terlebih dahulu berapa dana pendidikan yang Anda butuhkan.

Hal ini harus dilakukan sebelum menentukan jenis investasinya. Ia menyarankan untuk tidak mudah tergiur dengan investasi yang menggunakan embel-embel pendidikan. Pastikan Anda sudah melakukan survey dan mencari informasi yang lengkap sebelum memutuskan untuk berinvestasi.  Hal awal yang harus Anda lakukan adalah membuat asumsi biaya pendidikan per jenjangnya.

Jenjang pendidikan artinya dari mulai anak Anda masuk pendidikan TK hingga SMA. Untuk perhitungannya, gunakan perkiraan inflasi sebesar 20% per tahun. Sedangkan untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi S1 gunakan perkiraan inflasi sebesar 15%. Sebenarnya, persiapan investasi pendidikan ini tidak hanya untuk Anda yang sudah akan memiliki anak.

Bahkan, Ligwina menyarankan untuk melakukan persiapan ini walaupun Anda masih sulit mendapatkan keturunan.  Ini sangat penting untuk dilakukan mengingat usia Anda akan semakin bertambah sedangkan Anda belum tahu kapan akan hamil. Ada beberapa jenis investasi pendidikan yang bisa Anda pilih.

Contohnya, Anda bisa berinvestasi pada asuransi pendidikan. Perlu diketahui bahwa fungsi utama asuransi adalah untuk proteksi. Nantinya, pemilik asuransi haruslah ayah atau ibu atau yang merupakan pencari nafkah utama. Sebagai pemilik Anda diharuskan untuk membayar premi sesuai waktu yang ditentukan.

Sebagai timbal baliknya, Anda akan mendapatkan dana untuk pendidikan anak setiap jenjang yang baru mulai SD hingga Perguruan Tinggi. Cara lain untuk mempersiapkan dana investasi pendidikan adalah tabungan. Banyak orang tua yang memilih untuk melakukan investasi jenis ini karena sangat mudah.

Anda cukup membuat rekening di bank seperti biasa. Setelah itu, Anda bisa menyimpan sejumlah dana dengan asumsi bunga sekitar 1%-2% dengan potongan pajak 15% hingga 20%. Tentunya, jumlah tersebut tergantung dari saldo tabungan Anda. Kelebihan cara ini adalah Anda tidak perlu terikat dengan waktu.

Dengan begitu, Anda bisa menarik dana kapan saja Anda butuhkan. Setidaknya, dana tersebut bisa digunakan untuk uang pangkal, SPP, atau les terutama yang sifatnya berkala. Deposito juga bisa digunakan untuk mempersiapkan investasi pendidikan buah hati tercinta. Caranya hampir sama dengan menabung dimana Anda harus menyimpan sejumlah uang namun dengan bunga yang lebih besar.

Umumnya, bunga deposito mencapai 6% per tahunnya. Salah satu syaratnya adalah jumlah minimal untuk membuka deposit yaitu sekitar Rp.8.000.000. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengambil dananya sewaktu-waktu.

Dana tersebut hanya bisa ditarik dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan atau 1 tahun. Mempersiapkan dana investasi pendidikan melalui properti pun merupakan langkah yang tepat. Faktanya, investasi pendidikan jenis ini akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Namun waktu yang diperlukan juga agak sedikit lama.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *