Teropong Bisnis | Homepage
Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Akan Menyewakan Rumah

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Akan Menyewakan Rumah

0 Comments 🕔05.Jun 2013

Rumah merupakan jenis harta yang bisa dikaryakan. Ini berarti, jika Anda memiliki rumah yang tidak digunakan atau tidak dihuni, Anda bisa mengkaryakannya agar mampu menghasilkan penghasilan tambahan. Salah satu cara untuk mengkaryakan rumah adalah dengan menyewakannya. Menyewakan rumah memang sudah banyak dilakukan di berbagai kota besar, terutama bagi para pendatang yang membutuhkan tempat tinggal. Peluang ini tentu saja mendatangkan berbagai kesempatan bagi Anda untuk mengkaryakan rumah. Namun, tidak semua orang mengerti bahwa menyewakan rumah juga perlu terlindung secara hukum. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selama menyewakan rumah seperti membuat perjanjian sewa menyewa rumah yang juga memuat beberapa pasal.

Pemerintah sebenarnya sudah mengeluarkan undang-undang untuk melindungi hunian rumah yang ditinggali bukan pemilik pada Peraturan pemerintah Nomor 44 tahun 1994. Peraturan ini secara langsung mampu memberikan jaminan perlindungan hukum bagi pemilik rumah maupun bagi penyewa rumah. Dalam peraturan tersebut, disebutkan bahwa hunian rumah yang dihuni oleh bukan pemilik dengan metode menyewa dianggap sah apabila terdapat sebuah persetujuan berupa perjanjian tertulis antara pihak penyewa dengan pihak yang menyewa. Cyntia P. Dewantroro, konsultan hukum bidang properti, mengungkapkan bahwa terdapat tiga klausul utama yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perjanjian sewa-menyewa rumah. Berikut ini adalah ketiga klausulnya.

1. Klausul Hak dan Kewajiban

Untuk klausul hak dan kewajiban, masing-masing pihak harus memiliki kesepahaman dan saling mengerti mengenai hak dan kewajiban masing-masing. Selain itu, masing-masing pihak juga wajib melaksanakan kesepakatan ini. Si pemilik rumah akan memiliki hak menerima uang sewa dan berkewajiban menyerahkan rumah dalam keadaan baik. Rumah harus sesuai dengan kondisi yang tercantum dalam perjanjian. Kondisi rumah yang baik tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara non-fisik. Non-fisik yang dimaksud adalah keadaan rumah yang tidak memiliki ganjalan hukum, seperti status kepemilikan atau kasus sengketa.

Untuk pihak penyewa, si penyewa berkewajiban untuk membayar uang sewa sesuai dengan yang diperjanjikan. Pihak penyewa juga berhak untuk menempati rumah yang disewa seseuai dengan fungsinya. Dalam klausul ini, sebaiknya disebutkan juga mengenai siapa yang akan menempati rumah dan siapa yang akan membayar tagihan, seperti telepon, listrik, dan air.

2. Klausul Jangka Waktu Sewa

Klausul jangka waktu sewa sebaiknya juga diperhatikan secara mendetil. Anda bersama pihak penyewa bisa membuat kesepakatan mengenai jangka waktu, seperti satu bulan, satu kwartal, atau satu semester, atau bahkan satu tahun.

3. Klausul Besarnya Harga Sewa

Besaran harga sewa tentu saja harus sudah ditentukan sebelum perjanjian sudah dimulai. Anda seharusnya juga sudah memiliki nominal besaran yang pasti mengenai berapa yang harus dibayarkan oleh pihak penyewa ketika menawarkan rumah Anda untuk disewakan.

Gambar: mint.com

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *