Teropong Bisnis | Homepage
Pentingnya Membuat Sistem Akunting Untuk Bisnis Anda

Pentingnya Membuat Sistem Akunting Untuk Bisnis Anda

0 Comments 🕔13.Dec 2013

Perlu diketahui bahwa menjalankan bisnis tidak hanya soal menjual barang atau jasa saja. Faktanya, kegiatan bisnis lebih dari itu. Salah satu yang sering dilalaikan oleh pebisnis khususnya pebisnis pemula adalah soal akunting. Alasan yang umum dikemukakan adalah karena mereka tidak memiliki pendidikan ekonomi.

Jika saat ini bisnis Anda tidak berkembang, bisa jadi karena sistem akunting Anda masih berantakan. Tapi, jangan patah semangat dulu, karena ada beberapa cara mudah akunting untuk pebisnis khususnya untuk pebisnis pemula. Mungkin, Anda merasa bahwa akunting yang saat ini diterapkan di perusahaan-perusahaan ternama sangat sulit dan rumit.

Lagi-lagi, ini bukan alasan untuk tidak membuat sistem akunting untuk bisnis Anda. Daripada meniru hal rumit semacam itu, mengapa tidak Anda buat saja sistem akunting yang lebih sederhana. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mencatat cashflow, uang keluar dan uang masuk serta perhitungan untung dan rugi.

Jangan remehkan cara mudah akunting untuk pebisnis ini. Walaupun tampak sederhana, tapi pencatatan tersebut bisa menyelamatkan bisnis Anda apalagi bisnis yang masih tergolong kecil. Ada kalanya Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk mengembangkan bisnis Anda. Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan hal tersebut baik-baik.

Untuk hal yang satu ini, Anda harus memiliki rencana yang baik. Buatlah rencana pembelian dan pengeluaran beberapa bulan sebelum membeli barang tersebut. Dengan merencanakannya jauh-jauh hari, Anda bisa melakukan pemisahan dari keuntungan yang didapat untuk membeli barang atau alat tersebut.

Membeli tanpa rencana khususnya alat dengan harga yang mahal akan menganggu keuangan Anda. Itu artinya, bisnis Anda juga akan terganggu. Setidaknya, cara ini akan membuat masuk keluarnya uang pada bisnis menjadi lebih teratur bahkan bisa menghindarkan Anda dari kerugian. Kebanyakkan pebisnis pemula terbuai dengan jumlah pemasukan yang besar.

Anda merasa bahwa jumlah tersebut adalah sebuah keuntungan. Sayangnya, hal tersebut belum tentu sebuah keuntungan. Inilah mengapa Anda perlu untuk membuat sistem akunting dalam bisnis Anda. Dengan adanya akunting, Anda bisa melihat keuntungan serta cashflow bisnis yang sedang Anda jalankan sekarang.

Lebih dari itu, sistem akunting dalam bisnis Anda juga menilai apakah strategi marketing yang sedang Anda jalankan berhasil atau tidak. Sekali lagi, cara mudah akunting untuk pebisnis ini akan menyelematkan bisnis Anda dari zona kerugian atau bahkan kebangkrutan. Memang, hal ini sangat repot dan untuk memudahkan, Anda bisa membuat catatan tersebut secara online.

Aplikasi yang bagus untuk menyimpan data bisnis Anda adalah QuickBooks atau DropBox. Aplikasi ini juga sangat sesuai untuk penyimpanan bon pembelian atau pengeluaran bisnis Anda. Kalaupun Anda tidak ingin mengerjakan semuanya karena tidak ada waktu, Anda bisa merekomendasikan profesional atau akuntan untuk mengerjakannya.

Tentunya, Anda memerlukan dana lebih untuk menyewa akuntan tersebut namun hal tersebut tetap akan berguna bagi bisnis Anda di masa yang akan datang.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *