Teropong Bisnis | Homepage
Pentingnya Budaya Penghargaan Dalam Bisnis

Pentingnya Budaya Penghargaan Dalam Bisnis

0 Comments 🕔14.Jul 2014

Setiap orang pasti akan merasa senang saat diberi pujian oleh orang lain. Hal ini bahkan telah menjadi salah satu bagian penting dalam hidup kita yang tidak dapat terpisahkan. Sayangnya, banyak dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh budaya senang dipuji ini.

Salah satu dampak buruk tersebut adalah tidak ada rasa peduli pada orang lain. Setiap orang ingin bekerja keras untuk mendapatkan pujian yang merupakan tanda kemenangan pribadi mereka. Mereka melupakan satu hal penting, yaitu berbagi dengan orang lain.

Efek dari budaya ini juga mendatangkan reaksi yang buruk. Salah satunya adalah menghambat niat seseorang yang benar-benar ingin melakukan sesuatu dengan ikhlas tanpa imbalan. Orang terpaksa harus mengikuti sistem dan budaya yang sudah ada hanya untuk bertahan. Dalam dunia bisnis, hal ini juga berlaku.

Namun, bila Anda saat ini berkecimpung dalam dunia bisnis, setidaknya, Anda tahu bahwa ada yang salah dengan hal ini. Dan, Anda dapat mulai mengubah hal ini dengan melakukan tindakan kecil, yaitu budaya penghargaan.

Jangan menunggu untuk mendapatkan pujian atau penghargaan dari orang lain. Anda dapat mulai dengan memberikan penghargaan kepada orang lain. Hal ini dapat memberikan pengaruh dan dampak yang sangat positif. Bila Anda menghargai seseorang, bukannya tidak mungkin bila orang yang Anda beri penghargaan akan memberikan apresiasi untuk Anda.

Dalam dunia bisnis sikap atau budaya penghargaan ini sangatlah berguna. Bila Anda menerapkannya pada rekan sesama pebisnis, mereka akan dapat menjadi partner bisnis yang sangat menguntungkan. Selain itu, bila hal ini tercapai, maka Anda dapat membangun jaringan bisnis yang luas dan lebih kuat. Dengan jaringan yang kuat, maka langkah untuk mengembangkan dan memajukan bisnis Anda  akan berjalan lebih mudah.

Sedangkan bila Anda menerapkan budaya penghargaan ini pada karyawan Anda, mereka akan lebih semangat bekerja. Mereka akan memberikan peforma terbaik untuk perusahaan Anda. Dan karena karyawan adalah salah satu faktor penting untuk meraih kesuksesan, maka Anda sudah dapat menebak hasilnya. Perusahaan Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Budaya memberi penghargaan ini juga dapat memperbaiki hubungan Anda yang sempat renggang dengan partner bisnis atau karyawan Anda. Dengan membaiknya hubungan Anda, maka hasil yang dapat dicapai akan menjadi lebih baik dan lebih cepat diraih. Hal ini sangat berguna bila Anda dan orang tersebut mempunyai visi dan misi yang sama.

Mungkin Anda merasa sulit untuk melakukan budaya penghargaan ini, karena Anda sendiri tidak dihargai oleh orang lain. Namun, Anda dapat memecahkan masalah ini dengan cara memberikan ruang kepada apresiasi tersebut agar datang dan menyebar. Bila Anda mampu melakukannya, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, khususnya bila Anda saat ini menjalankan bisnis Anda.

budaya bisnis, wirausaha, tips usaha, peluang usaha

BACA JUGA:

9 Tanda Anda Mempunyai Bakat Menjadi Pebisnis

Rahasia Promosi Sukses Dari Pelanggan Yang Puas

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *