Teropong Bisnis | Homepage
Penghargaan Individual Untuk Karyawan, Apa Pentingnya?

Penghargaan Individual Untuk Karyawan, Apa Pentingnya?

0 Comments 🕔26.Jul 2014

Sebuah perusahaan dapat disamakan dengan sebuah mesin yang sangat rumit. Di dalamnya, terdapat ribuan komponen yang saling bekerja sama. Dan, tiap komponen ini mempunyai peran yang sama pentingnya untuk perusahaan. Salah satu komponen terpenting adalah karyawan Anda.

Anda sebagai pemilik bisnis, harus mampu memaksimalkan potensi karyawan yang bekerja dalam tim Anda. Dengan demikian, hasil yang akan didapat akan lebih baik. Hal ini akan membawa kemajuan dan perkembangan untuk perusahaan Anda.

Ada banyak cara untuk memaksimalkan potensi karyawan Anda. Selain dengan memberikan mereka pelatihan, Anda juga perlu memberikan penghargaan individual. Mengapa?

Penghargaan individual bagaikan alat pendorong berkekuatan jet untuk peforma karyawan Anda. Bila Anda memberikannya, mereka akan merasa bahwa kerja keras mereka dihargai. Hal ini akan membuat mereka ingin mendapatkan penghargaan lebih banyak, sehingga, mereka meningkatkan kualitas kerja mereka. Tentunya, bila karyawan Anda melakukan hal ini, perusahaan Anda yang akan terkena dampak baiknya.

Namun, memberikan penghargaan individual tidak serta merta dilakukan begitu saja. Bahkan, bila Anda teliti, pemberian penghargaan individual dapat menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Untuk melakukanya, Anda harus mengenal lebih dalam mengenai setiap anggota tim Anda. Anda harus tahu latar belakangnya, kehidupannya, targetnya dalam karir dan lainnya. Dengan mengetahui informasi ini, maka Anda akan dapat memilih penghargaan individual yang tepat untuk orang tersebut.

Contoh mudahnya adalah memberikan ucapan terima kasih. Anda dapat mengirimkan email pribadi dengan isi ucapan terima kasih atas kerja kerasnya kepada karyawan yang berjasa.

Kesempatan untuk mengungkapkan pendapat juga dapat menjadi penghargaan individual yang sangat membanggakan. Contohnya, saat Anda mengadakan rapat atau diskusi tim, beri kesempatan dan kebebasan untuk tiap anggota tim untuk menyampaikan pendapat mereka. Perhatikan dan hargai pendapat mereka dan gunakan bila ide tersebut sangat tepat untuk perusahaan Anda.

Tingkat lebih tingginya adalah memberikan penghargaan individual secara terbuka. Contohnya, Anda dapat memuji pencapaian dan hasil kerja baik karyawan Anda saat rapat. Selain itu, Anda juga dapat memberikan kesempatan kepada mereka untuk mempresentasikan ide mereka di depan klien.

Yang paling penting, Anda jangan memanjakan karyawan Anda. Penghargaan individual seperti yang disebutkan diatas memang sangat penting untuk memotivasi karyawan Anda. Tetapi, Anda juga harus mendidik mereka untuk berkembang. Bersikaplah layaknya seorang pelatih.

Untuk melakukan hal ini, Anda dapat memberikan tugas atau pekerjaan yang lebih menantang kepada karyawan Anda. Dengan memberikan tantangan lebih, Anda menunjukkan bila Anda mengakui kemampuan yang mereka miliki. Hal ini dapat menjadi penghargaan individual terbaik yang pernah karyawan Anda terima. Dengan cara inilah, Anda dapat mengembangkan, memperkuat dan mencapai target sukses perusahaan Anda.

penghargaan individual, karyawan, reward, wirausaha

BACA JUGA:

5 Jurus Maut Membangun Kepercayaan Secara Mudah

Katakan Gampang untuk Ide Cemerlang

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *