Teropong Bisnis | Homepage
Pelanggan Marah? Keluarkan 5 Jurus Ini

Pelanggan Marah? Keluarkan 5 Jurus Ini

0 Comments 🕔09.Feb 2014

Ada banyak kasus dimana saat Anda sudah merasa memberikan layanan terbaik untuk pelanggan Anda, mereka tetap tidak puas. Biasanya, mereka hanya komplain dan menanyakan kepada Anda selaku pemilik usaha tentang layanan Anda. Tetapi, banyak juga dari mereka yang menanggapinya dengan marah.

Bila ada pelanggan marah, maka dapat disimpulkan, mereka sangat tidak puas dengan produk atau layanan Anda. Oleh karena itu, hal ini dapat menjadi dasar evaluasi layanan bisnis Anda.

Akan tetapi, sebelum Anda menjadikannya sebagai dasar evaluasi layanan Anda, ada satu hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Anda harus dapat menenangkan pelanggan Anda yang marah.

Pelanggan yang marah dapat menjadi awal dari jatuhnya reputasi usaha Anda. Dan, yang paling buruk, mereka juga dapat menjadi pemicu pelanggan lain untuk meninggalkan layanan Anda. Jadi, sangatlah penting untuk mengatasi hal ini.

Untuk menenangkan pelanggan marah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti:

1. Pendengar Yang Baik

Jangan tutup telinga Anda. Dengarkan apa yang mereka sampaikan, meskipun dengan nada yang tidak terlalu menyenangkan.

Berikan kesan bahwa Anda memang benar-benar peduli dengan masalah mereka. Jangan menyela saat mereka menyampaikan masalah mereka. Dan, jangan pula memasukkan kemarahan mereka ke hati, karena dapat mempengaruhi tanggapan yang Anda berikan.

Tatap muka mereka dan lakukan kontak mata dengan pelanggan marah Anda. Dan, catat pula apa yang mereka sampaikan. Dengan melakukan hal ini, Anda menunjukkan kepada pelanggan Anda, bahwa mereka dihargai.

2. Empati

Berempati sangatlah penting. Hal ini dapat membuat pelanggan marah Anda merasa tidak diremehkan. Selain itu, Anda juga akan lebih mengerti rasanya berada di posisi mereka dan juga dapat memberikan solusi yang tepat.

pelanggan marah, tips usaha, bisnis, konsumen

3. Fakta

Berikan informasi selengkapnya untuk mengatasi masalah yang pelanggan Anda punya. Dengan demikian, pelanggan marah Anda dapat mengetahui langkah-langkah yang akan Anda lakukan untuk memecahkan masalah mereka.

Berikan informasi yang meyakinkan pula, agar mereka tahu bahwa Anda serius dalam menangani masalah yang mereka dapatkan.

Langkah ini sebenarnya sudah mampu menenangkan kemarahan pelanggan Anda. Tetapi, ada dua langkah selanjutnya, agar Anda dapat mempertahankan pelanggan Anda.

4. Janji

Berikan solusi sesuai yang Anda janjikan diawal. Contohnya, bila produk rusak dan Anda berjanji untuk menggantinya, maka ganti secepat mungkin. Selain itu, berikan kompensasi sebagai permintaan maaf kepada pelanggan Anda, seperti bonus, ongkos kirim gratis dan lainnya.

5. Informasi Tambahan

Berikan informasi tambahan tentang solusi untuk masalah pelanggan Anda. Konsultasi dengan supervisor bila diperlukan untuk informasi yang lebih lengkap dan berjanji pada pelanggan untuk menelepon mereka kembali.

Dengan 5 jurus diatas, maka Anda tidak hanya dapat menenangkan pelanggan marah Anda. Tetapi, Anda dapat mempertahankan mereka dan juga membuat mereka lebih setia dengan bisnis Anda.

pelanggan marah, tips usaha, bisnis, konsumen

BACA JUGA:

Strategi Marketing Dengan Media Internet Yang Baik

8 Kunci Terpenting Lancar Memulai Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *